PEMBUKAAN DPM BST KLM POLTEKPEL SURABAYA LIVE DI TIGA KOTA

6
Jun 2022
Category : Berita 2022
Author : Admin Poltekpel
Views : 158x

Senin (6/6/22) pagi menjadi sejarah bagi pelaksanaan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya Tahun 2022. Dikarenakan pada tanggal tersebut dilaksanaan Pembukaan DPM dengan jenis diklat Basic Safety Training (BST) Kapal Layar Motor (KLM) Poltekpel Surabaya yang digelar secara LIVE di tiga kota, yakni Surabaya, Banyuwangi, dan Sumbawa Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pembukaan ini dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi meeting online dan melibatkan kerjasama antara 3 instansi sekaligus di 3 kota, diantaranya Poltekpel Surabaya, Akademi Penerbang Indonesia (API) Banyuwangi, serta SMKN 1 Alas Sumbawa NTB. Acara ini juga dihadiri oleh para pejabat setempat, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi NTB, serta perwakilan manajemen dari Poltekpel Surabaya dan API Banyuwangi.

Kegiatan ini merupakan bentuk implementasi kerjasama Poltekpel Surabaya dengan 2 instansi masing-masing kota tersebut, diklat yang berlangsung juga diselenggarakan secara luring. Program DPM yang dilaksanakan di Banyuwangi diantaranya diklat BST KLM dan SKK 30 Mil yang berlangsung pada 6-10 Juni 2022. Sedangkan di Sumbawa NTB menyelenggarakan BST KLM dan SKK 60 Mil pada 6-11 Juni 2022. Poltekpel mengirimkan tim terbaiknya yang terdiri dari pengajar, instruktur, tim praktek dan tenaga medis ke Banyuwangi dan Sumbawa.

Kegiatan pembukaan diikuti oleh seluruh peserta di Banyuwangi dan Sumbawa. Di Banyuwangi ada 50 orang peserta yang berasal dari daerah pesisir pantai Teluk Pangpang Banyuwangi yang sudah dinyatakan lulus seleksi, serta 123 orang dari pesisir pantai di Sumbawa turut hadir dalam pembukaan ini.

Pembukaan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan laporan rencana pelaksanaan DPM BST KLM dan SKK 30/60 Mil di Banyuwangi dan Sumbawa oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PPPM) yang juga Ketua Pelaksana DPM Poltekpel Surabaya, Dr. M. Harliman Saleh, MPd. Dilanjutkan dengan sambutan dan pernyataan pembukaan oleh Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan Poltekpel Surabaya, Dr. Eko Nugroho Widjatmoko, MM, M.Mar.E, mewakili Direktur Poltekpel Surabaya.

Dalam sambutannya, disampaikan bahwa peserta diharapkan mengikuti dengan baik seluruh rangkaian kegiatan diklat, dan tetap mematuhi protokol kesehatan, supaya selalu dalam keadaan sehat. Seluruh peserta juga wajib mematuhi aturan yang berlaku dalam program diklat ini. Setelah kegiatan foto bersama secara virtual, acara pembukaan ini diakhiri dengan doa. (RA)