Pendampingan Bagi Dosen POLTEKPEL Surabaya Melalui Workshop Pengisian BKD Dengan Aplikasi SISTER

16
Nov 2022
Category : Berita 2022
Author : Admin Poltekpel
Views : 136x

Tanggung jawab seorang dosen dalam melaksanakan Tri Dharma yang meliputi pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat wajib hukumnya untuk menginput Beban Kerja Dosen (BKD). Pengisian BKD dapat dilakukan pada aplikasi SISTER. Agar pengisian BKD berjalan sesuai dengan aturan dari KEMENDIKBUDRISTEK dan, tentunya sangat diperlukan adanya pendampingan bagi Dosen, terutama bagi seluruh Dosen Politeknik Pelayaran Surabaya baik yang telah atau belum menjadi pejabat fungsional, melalui kegiatan Workshop yang diselenggarakan oleh Kelompok Jabatan Fungisonal POLTEKPEL Surabaya.

Workshop pengisian BKD yang diadakan pada 14 November 2022 dilaksanakan semi virtual, dimana lokasi pelaksanaan di kampus II POLTEKPEL Surabaya, sedangkan narasumber memberikan pendampingan secara daring. Sambutan sekaligus pembuka kegiatan workshop oleh Bapak Slamet Riyadi, M.Si.,M.Mar selaku Kabag. Adm Akademik dan Ketarunaan mewakili Direktur POLTEKPEL Surabaya. “Secara administrasi seorang dosen juga harus mampu menyusun beban kerja dosen dan  laporan kinerja dosen”, ujar Bapak Slamet dalam sambutannya. Tak hanya menghimbau kepada para Dosen agar mengikuti dengan baik, beliau memohon pula arahan dan bimbingan dari Bapak Jimmy, S.Kom., M.M (Analis Kebijakan Ahli Muda KEMDIKBUDRISTEK) selaku pendamping pengisian BKD untuk para Dosen POLTEKPEL Surabaya.

Kegiatan workshop sudah mulai terlihat antusiasme Bapak-Ibu Dosen POLTEKPEL Surabaya yang menjadi peserta workshop BKD sejak diawal kegiatan workshop resmi dibuka. Pertanyaan dari peserta mulai dari publikasi hasil penelitian, maupun porsi tupoksi jabatan perangkap Dosen yang diperbantukan, hingga persamaan persepsi dan sinkronisasi aplikasi SISTER milik POLTEKPEL Surabaya dengan DIKTI. Sesi tanya jawab menjadi fokus kegiatan workshop kali ini, agar Dosen yang menjadi peserta Workshop dapat sekaligus mempraktekkan dan mengimplementasikan apa yang menjadi arahan dari Bapak Jimmy. Tak henti-hentinya peserta mengajukan pertanyaan kepada narasumber mengenai bagaimana pengisian BKD dan update data diri untuk kenaikan jabatan fungsional dosennya.

Kegiatan workshop berlangsung sangat lancar, dan setelah dirasa cukup paham dan mengerti bagi bapak-ibu Dosen POLTEKPEL Surabaya dalam pengisian pada aplikasi SISTER, kegiatan workshop resmi ditutup oleh Kabag. Adm Akademik dan Ketarunaan dan diakhir dengan foto bersama secara virtual. (DW)