Pengabdian Kepada Masyarakat di Probolinggo: Penyuluhan Keselamatan Pelayaran dan Pencegahan Pencemaran Laut

12
Sep 2020
Category : Berita
Author : Administrator Web PoltekPel
Views : 66x

Abai keselamatan dan pencemaran laut merupakan penyebab utama serta ancaman yang berbahaya dalam bidang pelayaran. Perilaku tersebut dapat mengakibatkan korban jiwa maupun materil apabila tidak dilakukan upaya tepat untuk mencegah atau meminimalisir terjadinya kecelakaan dan pencemaran laut. Hal inilah yang menjadi dasar dilaksanakannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk penyuluhan tentang Keselamatan Pelayaran dan Pencegahan Pencemaran Laut di atas kapal nelayan yang ditujukan kepada kelompok nelayan di Kabupaten Probolinggo pada hari Jumat (11/09/2020) lalu.

Kegiatan ini dibuka oleh Direktur Politeknik Pelayaran (POLTEKPEL) Surabaya yang diwakili oleh Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan, Dr. Eko Nugroho Widjatmoko, MM, M.Mar.E yang bergabung secara daring melalui aplikasi zoom meeting. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya materi yang akan dibagikan oleh Dosen POLTEKPEL Surabaya karena sangat terkait dengan keselamatan para nelayan di atas kapal. Untuk itu beliau berharap agar para peserta dapat mengikuti dan menyimak dengan baik agar kelak bisa diimplementasikan di atas kapal masing-masing.

Kegiatan yang berlangsung di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Probolinggo ini juga dihadiri oleh Kepala KSOP Kelas IV Probolinggo yang diwakili oleh Koordinator Lala dan Usaha Kepelabuhanan, Andono, SH, serta didampingi oleh Koordinator Tata Usaha, Sasmini, SH. Sedangkan rombongan dari POLTEKPEL Surabaya yang hadir diketuai oleh Kepala Unit Pengabdian kepada Masyarakat, Dr. M. Harliman, M.Pd, beserta staf, beberapa dosen dan taruna POLTEKPEL Surabaya.

Kegiatan yang diikuti oleh sekitar 25 orang nelayan, nahkoda, maupun agen ini berlangsung dengan menarik. Mereka mengikuti dengan sangat antusias setiap materi yang disampaikan oleh narasumber. Diantaranya Anak Agung Ngurah Ade, S.Si.T, M.Pd, M.Mar yang membawakan materi Keselamatan Pelayaran serta Arleiny, S.Si.T, MM, M.Mar yang membawakan materi Pencegahan Pencemaran Laut. Selain itu para narasumber juga mendemonstrasikan cara penggunaan alat-alat keselamatan pelayaran dan meminta beberapa nelayan langsung mempraktekkan penggunaan alat-alat tersebut.

Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan dari POLTEKPEL Surabaya berupa alat keselamatan yaitu lifejacket serta bantuan bagi para peserta yang hadir. Para peserta menyampaikan rasa terima kasih dengan diadakannya kegiatan penyuluhan ini dan mereka berharap kegiatan lanjutan dapat dilaksanakan kembali kedepannya.