PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA DI KALANGAN KEMENTERIAN PERHUBUNGAN RI

14
Nov 2016
Category : Berita
Author : Admin Poltekpel
Views : 164x

Dengan teknologi yang semakin canggih saat ini kita telah mengenal gadget yang namanya smartphone, barang yang bisa kita bawa kemana saja yang dapat kita digunakan dimana saja.

whatsapp-image-2016-11-14-at-04-25-50
Perkembangan teknologi juga bedampak terhadap perkembangan jaringan ataupun internet, dalam internet kita dapat mengakses segala informasi yang ada, sekumpulan informasi yang ada ini dapat kita sebut dengan “data”.
Data pada saat ini menjadi hal yang sangat penting dan sangat mahal, dengan adanya data ini kita dapat mengetahui berbagai informasi tentang suatu hal, dalam hal ini juga menimbulkan orang-orang yang dapat menjual data menjadi kaya, dengan dibaginya informasi melalui internet atau yang lebih dekat dengan kita sendiri adalah media sosial maka kita dapat mengetahui berbagai info yang sedang terjadi pada saat itu juga, misalnya informasi tentang kemacetan, informasi tentang banjir, perbaikan jalan, polisi, dan berbagai informasi yang berhubungan dengan perhubungan lainnya. Dalam hal ini Kemenhub ingin untuk membangun generasi yang dapat menggunakan sosial media ini dengan baik, yang akan menyebarkan seputar informasi seputar kejadian di dunia perhubungan. Generasi ini disebut dengan Laskar Digital.

whatsapp-image-2016-11-14-at-04-25-57

Terlepas dari berbagai dampak positif yang ditimbulkan oleh media sosial ini, tentu saja terdapat berbagai hal negatif yang dapat ditimbulkan dari media sosial, seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa sosial media seperti pisau bermata dua, tapi marilah kita sebagai Laskar Digital untuk dapat memaksimalkan penggunaan sosial media dalam hal positif dan tidak menggunakan dalam hal negatif seperti menjelekkan orwng lain, instansi, maupun perusahaan, mari kita tetap menjaga sikap yang baik dalam menggunakan sosial media ini sendiri, menggunakan batasan” penggunaan dalam hal ketika menyebarkan informasi baik pribadi maupun orang lain.

whatsapp-image-2016-11-14-at-04-25-45

*Sesi Tanya Jawab
-Pertanyaan:
1. Poltekpel Surabaya (Jairens)
Beberapa orang mengatakan ketika kita memiliki smartphone di tangan kita maka seperti halnya “the world is in our hands” karena banyaknya hal yang dapat kita lakukan dengan smartphone tersebut. Yang menjadi pertanyaan saya adalah, apa nantinya yang akan menjadi informasi yang tersedia ataupun feeds yang akan dikeluarkan oleh Kemenhub melalui akun sosmednya, karena jika kita hanya ingin mengetahui tentang lalu lintas di darat saat ini di smartphone kita tersedia aplikasi bernama “waze” yang menyediakan layanan dan laporan soal kemacetan, kecelakaan, maupun hal-hal lainnya yang terjadi di jalanan, sebagai pelaut kita bisa mendownload aplikasi MarineTraffic yang menyediakan alur pelayaran kapal” di dunia serta info layar dari kapal tersebut, dan untuk matra darat dapat menggunakan aplikasi FlightRadar24 yg menyediakan informasi penerbangan. selain itu juga kita dapat mengakses seluruh informasi yang kita butuhkan melalui google. maka dari itu apa yang nantinya akan menjadi feeds dari akun kemenhub itu sendiri? terlepas dari semua informasi yang sudah teraedia di smartphone kita. untuk itu kita sebagai pengguna smartphone juga haruslah menjadi smartuser yang dapat menggunakan gadget ini secara maksimal.
2. ATKP Makassar
Saat ini kita tau bahwa banyak informasi yang dapat kita dapatkan melalui sosial media, akan tetapi seperti kita ketahui bersama, hampir semua dari kami sebagai taruna tidak dapat menggunakan smartphone pada saat hari dinas, dan hanya dapat menggunakannya pada hari libur, seperti saya yang sudah tingkat 3 memerlukan gadget untuk mengcontact senior di luar sana, jadi sebaiknya dicarikan alternatif sehingga kami sebagai taruna bisa mengakses sosial media pada hari dinas juga ataupun saat berada di barrack.
3. PIP Makassar
Saya taruna tingkat 4, kemarin pada saat saya praktek kapal saya mengalami inspeksi pada saat berlayar, apakah dari bapak dapat memberikan informasi tentqng kapal-kapal yang akan diinspeksi atau bisa dibuatkan sistem sehingga kami sebagai pelau dapat mengetahui pada saat akan ada inspeksi.

-Jawab:
pertanyaan-pertanyaan yang sangat bagus oleh taruna-taruna.
menjawab pertanyaan pertama hal-hal yang dapat dilihat di akun sosmed kemenhub antara lain adalah policy yang ditetapkan oleh menhub, serta kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh kemenhub sendiri.
untuk pertanyaan kedua mungkin ini bukan tanggung jawab saya, karena ini menjadi tqnggung jawab dari BPSDM ya, dalam hal ini pak tommy, karena mungkin ini bukan bentuk pertanyaan tapi bentuk aspirasi.
dan untuk pertanyaan ketiga mungkin nanti kita akan membuat sistem yang nantinya akan bisa menjawab pertanyaan taruna yang sedang berlayar di laut nanti.