PENILAIAN 5R DAN 5S DI LINGKUNGAN POLITEKNIK PELAYARAN SURABAYA

22
Sep 2022
Category : Berita 2022
Author : Admin Poltekpel
Views : 226x

Apa itu 5R dan 5S? 5R merupakan ringkasan dari Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin. Sedangkan 5S adalah Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun. Mari kita kenal lebih jauh tentang masing-masing unsur penilaian 5R, dimana singkatnya, Ringkas merupakan kegiatan memilah dan memisahkan barang yang tidak perlu di tempat kerja, Rapi merupakan penataan di tempat kerja sesuai klasifikasi barang, Resik adalah menjaga kebersihan di tempat kerja, Rawat adalah memelihara kondisi ringkas, rapi, resik di tempat kerja, dan Rajin merupakan pembiasaan ringkas, rapi, resik di tempat kerja.

Penerapan 5R dan 5S pada Unit Pelayanan di Politeknik Pelayaran Surabaya telah dilaksanakan secara rutin dan ditingkatkan budayanya sejak tahun 2018 hingga kini melalui ajang kompetisi dan penilaian yang dikelola oleh Satuan Penjaminan Mutu (SPM) dan menghadirkan Narasumber sebagai Penilai Independen, yaitu Bapak Achmad Mustanir Mufti, ST., MM, seorang konsultan Sistem Penjaminan Mutu ISO 9001:2015.

Ajang kompetisi 5R dan 5S yang dilaksanakan dalam rangka menyemarakkan Dies Natalis Politeknik Pelayaran Surabaya ke 40 pada tahun 2022 ini, selaras dengan program kerja serta himbauan dari Sekretaris BPSDM Perhubungan tentang Lomba Kebersihan, Keindahan, dan Ketertiban Unit Kerja di Lingkungan BPSDM Perhubungan, Nota Dinas Nomor ND.554/Set.BPSDMP/VIII/2022 yang diadakan dalam rangka memeriahkan Hari Perhubungan Nasional Tahun 2022.

Selamat kepada para pemenang kompetisi 5R dan 5S periode penilaian Agustus s.d September 2022 di lingkungan Politeknik pelayaran Surabaya yang telah mendapatkan Piala Bergilir, Piala Juara I s.d III, Piagam Penghargaan, dan Uang Tunai untuk pembinaan 5R dan 5S :

Penyerahan Piala Bergilir, Piala Juara I, Piagam Penghargaan Juara I, dan Uang Tunai sebesar Rp. 2.500.000 oleh Direktur dan Jajaran Manajemen Politeknik Pelayaran Surabaya kepada Unit Layanan Kesehatan atau Klinik Altair Politeknik Pelayaran Surabaya (16 September 2022, SPM). Juara II Unit Perpustakaan dan Dokumentasi mendapatkan Piala Juara II, Piagam Penghargaan, dan Uang Tunai sebesar Rp. 2.000.000, sedangkan Juara III Unit Laboratorium Simulator dan Workshop Nautika mendapatkan Piala Juara III, Piagam Penghargaan, dan Uang Tunai sebesar Rp. 1.500.000.

Juara Harapan I, Jurusan Teknika mendapatkan Piagam Penghargaan dan Uang Tunai sebesar Rp. 1.000.000. Juara Harapan II, Jurusan Nautika mendapatkan Piagam Penghargaan dan Uang Tunai sebesar Rp. 750.000. Juara Harapan III, Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat mendapatkan Piagam Penghargaan dan Uang Tunai sebesar Rp. 500.000.

Kepada partisipan yang memiliki skor ≥ 110 diberikan reward berupa voucher belanja koperasi Bahari Makmur Politeknik Pelayaran Surabaya senilai Rp. 100.000. Melalui kegiatan 5R dan 5S, diharapkan akan tercipta lingkungan kerja yang bersih dan menyenangkan, keteraturan dan kerapihan, terjaganya kesehatan dan keselamatan kerja, meningkatkan efektifitas kerja serta kualitas hasil kerja serta memberikan pelayanan prima di unit kerjanya masing-masing.(RA)