POLTEKPEL Surabaya Adakan Penyuluhan Untuk Masyarakat Nelayan Wilayah Kabupaten Tuban

31
Oct 2018
Category : Berita
Author : Administrator Web PoltekPel
Views : 141x

Sesuai dengan ketentuan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu kegiatan yang harus diadakan oleh lembaga/instansi akademik selain program pendidikan dan penelitian. Selasa (30/10/2018), Politeknik Pelayaran (POLTEKPEL) Surabaya mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan memberikan penyuluhan kepada masyarakat nelayan di wilayah Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Penyuluhan yang dilaksanakan di Kantor Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban ini, berupa sharing knowledge dengan tema masalah “Keselamatan Pelayaran dan Pencegahan Pencemaran Laut”. Target peserta dari penyuluhan ini berjumlah 50 perserta yang hadir untuk mewakili para nelayan di daerah Tuban, mengingat banyaknya jumlah nelayan di Kab.Tuban sekitar 2000 lebih.

Acara pembukaan penyuluhan disampaikan oleh Kepala Dinas (Kadis) Perikanan dan Peternakan Kab.Tuban, Ir. M. Amenan, M.T dan Wakil Direktur (Wadir) II POLTEKPEL Surabaya, Heri Sularno,M.H., M.Mar.E. Hadir pula tiga dosen dari POLTEKPEL Surabaya sebagai narasumber untuk memberikan materi penyuluhan kepada peserta. Proses penyuluhan dilakukan secara interaktif, agar peserta dapat bertanya langsung kepada narasumber yang berkaitan dengan tema penyuluhan, yaitu keselamatan dan pencegahan pencemaran di area laut. Kadis Perikanan dan Peternakan Kab.Tuban mengharapkan dari peserta yang hadir di acara penyuluhan ini, dapat menyampaikan dan membagikan informasi dan pengetahuan kepada kawan mereka sesama nelayan yang tidak bisa ikut dalam penyuluhan yang diberikan oleh POLTEKPEL Surabaya.

Peserta yang telah mengikuti penyuluhan yang diadakan oleh POLTEKPEL Surabaya ini juga mendapatkan bantuan berupa life jacket / pelampung yang bisa digunakan pada saat posisi nelayan sedang melaut atau sedang berada di laut. Penerapan budaya keselamatan dalam penggunaan life jacket ini diharapkan dapat berdampak positif di masa yang akan datang.