POLTEKPEL SURABAYA AJAK STAKEHOLDER MEREVIU CAPAIAN PEMBELAJARAN DAN SKEMA SERTIFIKASI PROFESI

2
Dec 2021
Category : Berita 2021
Author : Admin Poltekpel
Views : 125x

Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya kembali menggelar acara Coffee Morning di Hotel Novotel Samator Surabaya Timur, Kamis (2/12) lalu. Acara yang dilaksanakan memasuki tahun ke enam ini mengundang puluhan stakeholder  Poltekpel Surabaya dari kalangan perusahaan pelayaran, perusahaan pelabuhan,  instansi pemerintahan terkait, serta federasi pekerja di bidang pelayaran dan kepelabuhanan yang berada di Surabaya dan sekitarnya.

Hadir sebagai narasumber, Kapusbang SDM Perhubungan Laut (PPSDMPL), Capt. Sahattua P. Simatupang, MM, MH, Ketua DPP INSA Surabaya, Bapak Stenven H. Lesawengen, Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Surabaya yang diwakili oleh Bapak Dedy Yuwono, MH, M.Mar.E, Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Surabaya yang diwakili oleh Bapak Devry Andrey. S.Si.T, serta pemaparan oleh Poltekpel Surabaya disampaikan oleh para Ketua Jurusan dan Ketua LSP Poltekpel Surabaya.

Sementara para tamu yang hadir selain para perwakilan perusahaan pelayaran, serta para perwakilan korps alumni UPT Matra laut BPSDM Perhubungan, juga dari Poltekpel Surabaya hadir full team, mulai Direktur, para Wakil Direktur, para Kepala Bagian dan Kepala Sub Bagian, serta seluruh tim panitia terkait di lingkungan Poltekpel Surabaya.

Dalam acara Coffee Morning ini Direktur Poltekpel Surabaya, Capt. Sugiyono, M.M.Tr, M.Mar. langsung membuka dan memberikan pemaparan singkat di depan para tamu. Beliau menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya mendorong peningkatan pelayanan publik dan sosialisasi program terbaru di Poltekpel Surabaya. Hal ini dikarenakan kegiatan ini juga bertujuan untuk menghimpun tanggapan dan masukan semua stakeholder, khususnya mengenai capaian pembelajaran dan skema sertifikasi profesi di Poltekpel Surabaya.

Kegiatan yang bertajuk “Review Capaian Pembelajaran Program Diploma-III dan Diploma-IV serta Sosialisasi 8 Skema LSP Poltekpel Surabaya” ini dikemas dalam bentuk coffe morning agar berlangsung semiformal. Tujuannya untuk merekatkan hubungan baik yang telah terjalin selama ini. Selain itu untuk menginformasikan berbagai program baru yang diselenggarakan Poltekpel Surabaya.

Kegiatan ini dibagi menjadi 2 sesi diskusi. Sesi 1 merupakan pemaparan dari narasumber internal yang terdiri dari para Ketua Jurusan dan Ketua LSP Poltekpel Surabaya yang memaparkan Capaian Pembelajaran masing-masing prodi serta Skema LSP yang saat ini dimiliki Poltekpel Surabaya. Selanjutnya pada sesi 2, kegiatan diisi dengan tanggapan dan masukan dari para pemangku kepentingan mengenai program-program yang telah disampaikan oleh narasumber sebelumnya.

Kepala PPSDM Perhubungan menyatakan bahwa capaian pembelajaran yang saat ini berlaku hendaknya disesuaikan dengan situasi dan tuntutan di dunia pelayaran saat ini agar para taruna yang tercetak nanti bisa langsung link and match and catch oleh para user atau pengguna lulusan Poltekpel Surabaya. Sedangkan Ketua INSA Surabaya mengharapkan agar para taruna yang menempuh Pendidikan di Poltekpel Surabaya dibekali regulasi-regulasi terbaru mengenai ketenagakerjaan, khususnya Maritime Labor Convention (MLC).

Acara ini berlangsung meriah karena para peserta berantusias dalam mengikuti rangkaian acara dalam Coffee Morning ini. Sebab dalam kegiatan ini juga disampaikan penghargaan bagi para stakeholder terbaik dari beberapa nominasi. Diantaranya nominasi Rekrutmen Cadet Terbanyak, nominasi Rekrutmen Cadet Perempuan Terbanyak, dan nominasi Perusahaan yang Baru Merekrut Cadet. Dan di akhir acara juga diselenggarakan ramah tamah supaya semakin melekatkan hubungan antara manajemen dan pegawai Poltekpel Surabaya dengan seluruh stakeholder yang hadir pada acara ini. (RA)