POLTEKPEL SURABAYA: BEDAH BUKU VIRTUAL, SOLUSI TEPAT DI MASA PANDEMI

23
Dec 2021
Category : Berita 2021
Author : Admin Poltekpel
Views : 75x

Bedah buku secara sederhana dapat diartikan sebagai sebuah kegiatan mengungkapkan kembali isi suatu buku secara ringkas. Acara bedah buku biasanya menghadirkan penulis buku yang bersangkutan. Berkaitan dengan masih terjadinya pandemi, maka acara bedah buku di berbagai kesempatan tidak dapat dilakukan dengan menghadirkan audiens dalam satu ruang yang sama dalam bentuk tatap muka langsung. Salah satu bentuk solusi dari kegiatan bedah buku yang sangat perlu dilakukan, terutama untuk jenis buku yang baru terbit adalah melalui media conference, seperti Zoom Meeting, Google Meet, Skype, ataupun Live YouTube.

Adalah Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya melalui Unit Perpustakaan dan Dokumentasi yang terus berupaya membantu para penulis, khususnya para dosen Poltekpel Surabaya, untuk memperkenalkan karyanya melalui program bedah buku virtual di masa pandemi. Untuk pertama kalinya, program bedah buku virtual ini dilaksanakan pada Kamis, 23 Desember 2021 mulai pukul 13.00 WIB. Dengan memanfaatkan media Zoom Meeting premium, acara ini berlangsung secara lancar tanpa gangguan apapun.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Direktur Poltekpel Surabaya, Capt. Sugiyono, M.M.Tr., M.Mar., kemudian dilanjutkan dengan pemaparan penulis mengenai gambaran umum isi buku yang telah ditulisnya. Acara ini juga dihadiri secara virtual oleh seluruh dosen dan taruna taruni Poltekpel Surabaya yang sedang melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Terdapat 4 penulis yang memaparkan karyanya pada kegiatan bedah buku kali ini. Diawali pemaparan oleh dosen yang juga merupakan Ketua Jurusan Teknika/TRPK, Ibu Monika Retno Gunarti, S.Si.T, M.Pd., yang menjelaskan buku berjudul “Mengembangkan Enterpreneurship di Bidang Permesinan Kapal”. Tak mau kalah dengan sang Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan Teknika/TRPK yang juga dosen di Poltekpel Surabaya, Ibu Indah Ayu Johanda P., S.E., M.Ak., juga memaparkan buku karyanya yang berjudul “Laporan Keuangan Perusahaan Pelayaran”.

Tampil sebagai pemapar ketiga, dosen Poltekpel Surabaya yang juga Kepala Unit Lab/Sim Nautika, Capt. Arleiny, M.M., M.Mar., turut menjelaskan bukunya yang mengambil tema “Kepedulian Lingkungan dan Pencegahan Polusi”. Diikuti oleh penampilan pemapar terakhir yakni dosen Poltekpel Surabaya yang juga menjabat sebagai KKM Kapal Latih Bung Tomo Poltekpel Surabaya, Saiful Irfan, S.Si.T., M.Pd., juga memaparkan karyanya yang berjudul “Poltekpel Surabaya Mengajar”.

Semoga program bedah buku virtual di masa pandemi ini dapat terus berjalan sesuai rencana yang telah diprogramkan. Lebih banyak dan beragam lagi penulis dan peserta yang terlibat di dalamnya. (Leny)