POLTEKPEL SURABAYA BERIKAN EDUKASI UNTUK SISWA SMK DALAM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

22
Jul 2022
Category : Berita 2022
Author : Admin Poltekpel
Views : 128x

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) oleh dosen Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya dilaksanakan di SMKN 3 Buduran Sidoarjo pada Kamis dan Jumat (21-22/7/2022) lalu. Menghadirkan 2 tim dosen sebagai narasumber yang mengusung 2 tema PKM, yakni “Learning Maritime English Using MarEng Learning Tool” dan “Keselamatan Pelayaran melalui Manajemen Risiko di Kapal”. Para dosen berpartisipasi aktif membudayakan dan mengedukasi para siswa-siswi SMKN 3 Buduran Sidoarjo dalam kegiatan PKM yang digelar selama 2 hari ini.

Pada kesempatan ini, kegiatan ini dibuka oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Dr. Harliman Saleh, MPd, sebagai perwakilan manajemen Poltekpel Surabaya. Dalam sambutannya, tujuan dari Pengabdian Kepada Masyarakat itu sendiri menjadi bagian dari Tri dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, dan Pengabdian kepada Masyarakat, kegiatan yang diselenggarakan tersebut sebagai bentuk pengenalan, dukungan dan edukasi bagi siswa siswi SMKN 3 Buduran Sidoarjo mengenai profesi di bidang pelayaran.

Turut hadir pada kesempatan ini, Kepala SMKN 3 Buduran Sidoarjo yang diwakili oleh Wakasek Sarana Prasarana, Bapak Sony Rivany, ST. Dalam sambutannya, beliau mengapresiasi kegiatan ini dan berharap melalui kegiatan ini dapat mensosialisasikan sekaligus mengedukasi para siswa siswi SMKN 3 Buduran Sidoarjo mengenai topik yang diangkat. Bahkan beliau turut mengajak para siswa untuk mencoba mencari informasi atau memantapkan minat untuk memiliki profesi sebagai pelaut sebagai opsi lain dalam memilih masa depan yang lebih gemilang.

Pada kesempatan ini juga disampaikan 1 buah Televisi 60” sebagai prasarana penunjang dalam pembelajaran Bahasa Inggris Maritim menggunakan aplikasi yang telah dikembangkan oleh Dosen Poltekpel Surabaya, serta seluruh peserta juga dibagikan perlengkapan penunjang pembelajaran.

Para peserta yang mengikuti kegiatan ini sangat antusias menerima materi yang disampaikan oleh para narasumber, dalam hal ini para tim Dosen Poltekpel Surabaya. Para peserta sangat berterima kasih dengan diadakannya kegiatan semacam ini dan diharapkan kedepannya dapat meningkatkan minat dan wawasan para siswa SMK untuk menekuni profesi di bidang pelayaran serta menerapkan materi yang telah disampaikan untuk meningkatkan kompetensi diri. Semoga materi yang diberikan dapat bermanfaat bagi para siswa siswi SMKN 3 Buduran Sidoarjo. (RA)