POLTEKPEL SURABAYA GELAR SEMINAR HASIL PENELITIAN DOSEN TAHUN 2022

27
Jul 2022
Category : Berita 2022
Author : Admin Poltekpel
Views : 164x

Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya melalui Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) menggelar seminar hasil penelitian bagi para dosen yang dilakukan pada hari Rabu (27/07/2022) lalu di Ruang Rapat Eksekutif Poltekpel Surabaya.

 Tujuan dari pelaksanaan seminar hasil ini untuk memberikan informasi mengenai capaian atau hasil dari penelitian yang dilakukan oleh dosen sebagai peneliti, serta memperoleh masukan untuk penyempurnaan dan dapat diterapkan dalam penelitian selanjutnya.  Dalam kesempatan itu terdapat 11 penelitian dari 30 penelitian dosen diberi jadwal secara paralel untuk memaparkan hasil penelitiannya, sisanya akan diseminarkan pada Senin dan Selasa (1-2/08/2022).  Beragam topik yang menarik baik bidang pelayaran, ketatalaksanaan, teknologi pelayaran dan pengajaran dipaparkan oleh para dosen.

Kegiatan ini dibuka oleh Direktur yang diwakili Wakil Direktur III, Ferry Budi Cahyono, S.T, M.M. Dalam sambutannya, beliau menjelaskan bahwa kegiatan seminar ini merupakan kegiatan rutin tahunan P3M untuk mengawal mutu hasil penelitian dosen di Poltekpel Surabaya. Kegiatan ini juga sebagai upaya membagi ilmu atau sharing hasil penelitian, menambah pengalaman, menambah wawasan dan diharapkan  dapat meningkatkan mutu penelitian kedepannya. Dalam kesempatan membuka seminar hasil penelitian tersebut, beliau juga menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi P3M dan tim yang telah bekerja keras untuk melaksanakan  kegiatan seminar  ini.  “Seminar seperti ini merupakan hal yang wajib dilakukan oleh dosen, sehingga dapat meningkatkan kapasitas seorang dosen, Semoga kegiatan ini dapat menjadi sarana pengembangan kemampuan dosen dan kedepannya akan lebih banyak dosen yang mendapatkan dana hibah penelitian dan harapannya seminar ini dapat memotivasi dosen atau peneliti dalam berkolaborasi dengan rekan lainnya serta melaksanakan penelitian secara kolaboratif.” pungkasnya.

Seminar hasil ini juga dihadiri para reviewer yang berasal dari perguruan tinggi lintas kementerian yang memiliki rumpun bidang keilmuan serupa. Diantaranya Sutopo Purwono Fitri, ST, MT, Ph.D dan Dr. Eng. Trika Pitana, ST, MSc dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, dan Dr. Eng. Imam Sutrisno, ST, MT dari Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS). Semoga dari hasil penelitian yang telah diseminarkan tersebut dapat dilanjutkan dengan output atau luarannya yaitu publikasi dalam berbagai jurnal baik nasional maupun internasional. (RA)