POLTEKPEL SURABAYA IKUTI ASIA EUROPE MEETING TRANSPORT MINISTERS’ MEETING DI BALI

27
Sep 2017
Category : Berita
Author : Administrator Web PoltekPel
Views : 60x

Asia Europe Meeting Transport Ministers’ Meeting (ASEM TMM) ke-4 digelar di Westin Resort Nusa Dua, Bali pada tanggal 26 s/d 28 September 2017. Acara tersebut dihadiri Menteri Perhubungan (Menhub) dari 51 negara Asia dan Eropa. ASEM yang diselenggerakan dalam waktu 3 hari tersebut bertema “Menjembatani Asia dan Eropa Melalui Konektivitas Transportasi Terpadu dan Rencana Strategis Regional Bersinergi“. Rangkaian kegiatan tersebut diisi  dengan kegiatan Transport Senior Officer Meeting (TSOM) dan Pameran Transportasi dan Logistik.

photo6221859285239965679

Politeknik Pelayaran Surabaya mengirimkan taruna-taruni dan pendamping sebagai jajar kehormatan. Mewakili Presiden Jokowi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membuka langsung acara ASEM yang diadakan 2 tahunan tersebut. Dalam sambutannya beliau menawarkan 12 proyek strategis melalui pertemuan bilateral dengan 9 negara. Ke-12 proyek itu adalah Makassar New Port, Product Terminal 1 dan 2 Pelabuhan Kalibaru, Pelabuhan Kijing, Pelabuhan Sorong, Pelabuhan Tanjung Carat, Kanal Cikarang-Bekasi-Laut, Bandara Kualanamu, Bandara Internasional Lombok, Kereta Api Makassar-Pare Pare, LRT Bandung dan Trem Surabaya. Dengan perwakilan Jepang, kami akan membahas perkembangan proyek pembangunan Pelabuhan Patimban, MRT, LRT dan High Speed Train Jakarta Surabaya. Dengan perwakilan Filipina, kami akan membahas vokasi/training pelaut Indonesia dan tindak lanjut Roro rute Bitung, Indonesia-Davao, Filipina. Berikut perkembangan dengan Tiongkok hasil dari One Belt One Road untuk proyek infrastruktur transportasi di Sumut, Kalimantan dan Sulut. ITS dengan Korea, NCVS dengan Malaysia, kerja sama transportasi udara & laut dengan Singapura serta proyek strategis transportasi dengan Hongaria dan Polandia.

photo6221859285239965677

Adapun tujuan pertemuan tersebut secara garis besar adalah untuk meningkatkan hubungan bilateral dibidang transportasi serta menciptakan jenis dan ragam transportasi yang berbasis high technology dan ramah lingkungan.