Poltekpel Surabaya Siap Mengikuti 2022 Global Onboard Training Programme di Korea

26
Sep 2022
Category : Berita 2022
Author : Admin Poltekpel
Views : 127x

Sebanyak 2 (dua) Taruna/i Poltekpel Surabaya saat ini telah memulai rangkaian kegiatan ‘2022 Global Onboard Training Programme’ di Korea. ‘2022 Global Onboard Training Programme’ adalah pelatihan onboard yang merupakan program bantuan dari pemerintah Korea untuk praktik berlayar yang ditujukan bagi Taruna/i Indonesia dan negara lain yang terpilih. Program ini disebut juga Official Development Assistance (ODA) Project. Pemerintah Korea memberikan kesempatan untuk praktik berlayar dengan mengundang Taruna Indonesia dan negara lain yang memiliki potensi untuk menjadi pelaut yang kompeten.

Viki Ramadhani dari Program Studi D-IV Teknologi Rekayasa Operasi Kapal (TROK) dan Athi’ Mufidhah dari Program Studi D-III Electro Technical Officer (ETO) adalah dua Taruna Poltekpel Surabaya yang terpilih pada seleksi ODA Project tahun 2022 dari Indonesia. Bersama 7 (tujuh) Taruna/i lainnya dari sekolah pelayaran di Indonesia, Viki dan Athi’ akan mengikuti program ODA Project selama kurang lebih 12 minggu mulai tanggal 20 September s.d 17 Desember 2022. Keseluruhan Taruna yang mengikuti program ini berjumlah 30 orang terdiri dari 9 orang Taruna dari Indonesia, dan lainnya adalah Taruna dari Peru, Mexico, Vietnam, dan Filipina.

Program magang ini adalah kali ke-dua diselenggarakan oleh Pemerintah Korea, berangkat dari keberhasilan proram pelatihan tahun lalu dengan memanfaatkan kapal latih dari Korean Institute of Maritime and Fisheries Technology (KIMFT). Salah satu Taruni Poltekpel Surabaya yang ikut dalam program Pemerintah Korea tahun 2021 lalu adalah Putri Isrok Wanda Oktavia dari Program Studi D-IV Teknologi Rekayasa Kelistrikan Kapal (TRKK). Putri bersama dengan 4 (empat) Taruna dari Indonesia lainnya dan 15 (lima belas) Taruna dari negara lain telah mengikuti program magang Pemerintah Korea ini selama 1 (satu) bulan yaitu bulan November s.d Desember 2021. Putri juga telah diundang menjadi salah satu pembicara terkait sharing pengalaman selama mengikuti program ODA Pemerintah Korea di acara IMO beserta APEC SEN yang diselenggarakan secara online pada Februari 2022 lalu. (Alice)