ELEKTRO TECHNICAL OFFICER (ETO) PROGRAM STUDI UNGGULAN DI POLTEKPEL SURABAYA

13
Sep 2016
Category : Berita
Author : Admin Poltekpel
Views : 120x

img_9598

Kampus Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya berhasil meluluskan 134 perwira pelaut tahun 2016. Poltekpel juga menyertakan satu lulusan terbaik pada wisuda secara simbolis oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

wisuda3-periksa-barisan

Mereka berasal dari program studi (prodi) Nautika dan Elektro Teknik Officer (ETO). “Prodi ETO merupakan prodi unggulan dan sejauh ini baru ada di Poltekpel Surabaya,” kata Direktur Poltekpel Surabaya Capt. Marihot Simanjuntak, MM menjawab Beritatrans.com, Jumat (9/9/2016).

Selama ini, lanjut dia, tingkat penyerapan alumni ETO dari Poltekpel Surabaya juga tinggi. Sebelum lulus, mereka sudah dipesan perusahaan pelayaran.

img_3233

“Dua angkatan yang lulus tahun 2015 sudah diambil PT Pelni. Sebelumnya, banyak juga kadet Poltekpel yang di kapal-kapal Pelni dan setelah lulus bergabung disana,” jelas Marihot lagi.

Kini, taruna ETO angkatan 2015 atau yang segera naik tingkat II di Poltekpel Surabaya sudah dipesan oleh PT Dharma Lautan.

“Jadi, selain prodi Nautika, pelaut lulusan ETO Poltekpel Surabaya juga banyak dibutuhkan perusahaan pelayaran. ETO menjadi satu prodi unggulan di Poltekpel Surabaya,” jelas Marihot.

img_9600

Namun begitu, Kampus Poltekpel Surabaya tetap komitmen untuk mendidik dan menyiapkan taruna pelaut yang profesional.

“Poltekpel terus meningkatkan kualitas diklat para tarunanya. Bukan hanya taruna reguler, tapi juga taruna diklat kepelautan atau short course di Poltekpel Surabaya,” papar alumni STIP Jakarta itu.

img_3237

Pasok Pelaut Dunia

Poltekpel Surabaya sudah mendidik dan meluluskan ribuan pelaut muda profesional. Mereka sudah bekerja di berbagai bidang terutama di perusahaan pelayaran dan sektor logistik yang terkait.

Banyak perusahaan pelayaran dunia menerima dan mempekerjakan pelaut lulusan Poltekpel Surabaya. “Kini sudah banyak alumni kita yang sukses mengukir prestasi sebagai pelaut,” papar Marihot.

img_6925

“Beberapa perusahaan pelayaran nasional seperti PT Pelni, Pertamina Perkapalan, ASDP Indonesia Ferry, PT Dharma Lautan dan lainnya mempekerjakan alumni Poltekpel Surabaya,” sebut Marihot.

“Bukan hanya itu, perusahaan pelayaran seperti Hong Lam, asal Singapura pernah mengirimkan pelautnya untuk ikut diklat di Kampus Poltekpel Surabaya,” terang Marihot.

Fakta-fakta tersebut membuktikan kualitas diklat di Poltekpel cukup bagus. “Tingkat penyerapan lulusannya juga tinggi, baik perusahaan nasional atau international,” tegas Marihot.(helmi)