PT. Waruna Nusa Sentana Berikan Kuliah Umum untuk Taruna Poltekpel Surabaya

7
Mar 2023
Category : Berita 2023
Author : Admin Poltekpel
Views : 54x

Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya kembali memberikan tambahan wawasan pengetahuan bagi taruna-taruninya khusunya semester IV yang akan melaksanakan praktik laut (Prala) maupun Praktik Darat (Prada). Pada kesempatan kali ini, Poltekpel Surabaya mengundang perwakilan dari PT. Waruna Nusa Sentana sebagai narasumber dalam kuliah umum yang diselenggarakan di Gedung Arctic Auditorium pada Senin pagi (06/03).

Kuliah umum tersebut diawali dengan sambutan oleh Wakil Direktur 1 (Wadir 1), ibu Renta Novalina Siahaan, S. Si.T., M.A. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan kepada seluruh taruna yang hadir dalam kuliah umum tersebut untuk dapat memperhatikan dengan baik informasi atau wawasan pengetahuan yang akan dipaparkan oleh PT. Waruna. Beliau berharap, apa yang disampaikan pada kuliah umum tersebut benar-benar bisa diserap oleh seluruh taruna dan menjadi bekal berpikir untuk masa depan mereka yang lebih cerah. “Jangan pernah pilih-pilih kapal atau perusahaan, jangan berlama-lama dengan status cadet, cepat selesaikan proses pendidikan, dan cepat menjadi perwira, itu targetnya.” Imbuhnya.

Narasumber pertama dari PT. Waruna Nusa Sentana yang memaparkan materi adalah bapak Agustinus Adid Sanjaya selaku General Manager Human Capital. Materi yang dipaparkan bertema “Leadership on Vessel.” Sebelum memaparkan materinya, bapak Agustinus memberikan kuis dadakaan kepada seluruh taruna dengan memberikan 10 pertanyaan dan bagi taruna yang berhasil menjawab kuisnya diberikan hadiah berupa tumbler. Beliau menjelaskan bahwa terdapat lima tingkatan dalam Leadership, yaitu (1) position, (2) Permission / Relationship, (3) Production / result, (4) People / Reproduction, and (5) Personhood / Respect.

Narasumber kedua dari PT. Waruna Nusa Sentana yang memaparkan materinya adalah bapak Leonard I Situmorang selaku Senior Manager Crewing. Materi yang dibawakan bertema “Cadet Development Program.” Beliau menjelaskan tahapan-tahapan agar seorang cadet dapat lulus seleksi dan menjadi cadet di PT. Waruna Nusa Sentana serta peluang kerja setelah para cadet dinyatakan lulus dari Poltekpel Surabaya.

Setelah serangkaian acara di atas, adapun kesempatan yang diberikan kepada para narasumber untuk membuka sesi tanya jawab dengan para taruna dan melakukan foto bersama. Setelah selesai memberikan kuliah umum, tim dari PT. Waruna Nusa Sentana menggelar proses seleksi untuk cadet Poltekpel Surabaya agar bisa melakukan praktik berlayar di kapal-kapal milik PT. Waruna. (asamy)