RAPAT KERJA DI LINGKUNGAN PUSAT PENGEMBANGAN SDM PERHUBUNGAN LAUT

26
Jul 2023
Category : Berita 2023
Author : Admin Poltekpel
Views : 88x
Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut (PPSDMPL) menggelar rapat kerja (raker) dan motivasi pegawai di lingkungan PPSDMPL untuk tahun 2023 di Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya, Rabu hinga Jumat (26-28/07/2023) lalu. Acara yang diikuti oleh 12 pimpinan Unit Pelaksana Teknis (UPT) perguruan tinggi kedinasan matra laut di lingkungan BPSDM Kementerian Perhubungan beserta jajarannya.
Di hari pertama, kegiatan diawali dengan pembacaan Laporan Kegiatan sekaligus pembukaan acara raker oleh Kepala PPSDMPL, Ir. Ahmad A.M, M.M.Tr, QIA, CFRA. Kemudian dilanjutkan dengan sesi paparan materi bersama para narasumber dari Direktorat Kelembagaan dan Sumber Daya Pendidikan Tinggi Vokasi, Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi, Praktisi di bidang Pendidikan dan Pelatihan Pelayaran, dan Direktur Perkapalan dan Kepelautan Ditjen Perhubungan Laut. Sesi paparan ini dimoderatori oleh Dosen sekaligus Wakil Direktur I Poltekpel Surabaya, Renta Novaliana Siahaan, S.Si.T, M.A. Materi yang dibahas pada sesi ini diantaranya Kebutuhan Dosen dalam Menghadapi Akreditasi Perguruan Tinggi, Strategi Menciptakan Kehidupan Kampus dengan Pola Asuh yang Humanis dan Bermartabat, serta Pengembangan Diklat Teknis Fungsional.
Usai sesi paparan, acara dilanjutkan dengan pembagian pembahasan melalui Komisi-komisi. Komisi 1 yang diketuai oleh Direktur Poltekpel Surabaya, Heru Widada, MM, serta beranggotakan Direktur PIP Semarang, Direktur Poltekpel Malahayati, Direktur Poltekpel Sumbar, serta beberapa jajaran pejabat struktural PPSDMPL, membahas mengenai Kebutuhan Dosen dalam Menghadapi Akreditasi Perguruan T, serta Capacity Building Dosen dan Instruktur. Sedangkan Komisi 2 yang membahas mengenai Strategi Menciptakan Kehidupan Kampus dengan Pola Asuh yang Humanis dan Bermartabat serta Inovasi Pengembangan Pembelajaran Berbasis Teknologi diketuai oleh Ketua STIP Jakarta dan beranggotakan Direktur Poltekpel Barombong, Direktur Poltekpel Sulut, Direktur Poltekpel Banten, serta beberapa jajaran pejabat struktural PPSDMPL. Sementara itu Komisi 3 yang diketuai Direktur BP3IP Jakarta dan beranggotakan Direktur PIP Makassar, Kepala BP2TL Jakarta, dan Direktur Poltekpel Sorong, serta beberapa jajaran pejabat struktural PPSDMPL, membahas mengenai Pengembangan Diklat Teknis Fungsional dan Kerjasama Internasional (Global Class). Seluruh hasil pembahasan di komisi- komisi tersebut dipaparkan kembali oleh Kepala PPSDMPL beserta Ketua masing-masing Komisi sebagai bentuk laporan kepada Kepala BPSDM Perhubungan, Dr. Ir. Djoko Sasono, M.Sc (Eng), Sekretaris BPSDM Perhubungan, Dr. Capt. Wisnu Handoko, M.Sc, Kepala Pusat SDM Perhubungan Darat dan Kepala Pusat SDM Perhubungan Udara, yang hadir pada acara Gala Dinner malam harinya.
Pada hari kedua, para peserta raker mengikuti sesi Motivasi Kinerja Pegawai dengan narasumber seorang motivator handal dan professional, Ibu Sri Sumahardani. Beliau menyampaikan materi yang menginspirasi mengenai bentuk service excellent dengan menjadikan customer sebagai seorang sahabat. Para peserta juga diajak untuk berlatih mengembangkan kemampuan melayani dimulai dari orang-orang terdekat. Tak lupa dalam acara ini juga disampaikan apresiasi kepada taruna-taruni berprestasi dari masing-masing UPT matra laut yang telah mengharumkan nama BPSDM Perhubungan, khususnya PPSDMPL, baik di bidang akademik maupun non akademik.
Acara rapat kerja ini pun dilanjutkan dengan kegiatan motivasi kinerja pegawai di Gunung Bromo, Probolinggo – Jawa Timur. Sebagai bentuk penyegaran para pegawai dan pejabat dilingkungan PPSDMPL dan diikuti oleh para tamu VVIP. Kesempatan ini dimanfaatkan sebagai ajang mengakrabkan diri supaya semakin bersinergi antar UPT di lingkungan PPSDMPL.(RA)