SKD Sipencatar Jalur Polbit area Jawa Timur

8
Jun 2023
Category : Berita 2023
Author : Admin Poltekpel
Views : 140x
Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) Jalur Pola Pembibitan (Polbit) Perguruan Tinggi Kementerian Perhubungan Tahun 2023 khususnya di wilayah Jawa Timur dilaksanakan di Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN)  Kanreg II Surabaya pada Kamis hingga Selasa (8-13/06/2023) lalu. Sebanyak 35 ribu peserta yang mendaftar pada Sipencatar Polbit di Kementerian Perhubungan mengikuti SKD pada 34 titik lokasi (tilok), salah satunya di BKN KAnreg II Surabaya, yang akan memperebutkan 1408 formasi taruna Polbit di seluruh perguruan tinggi kedinasan Kementerian Perhubungan.
Tahun ini Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya hanya akan menerima 24 taruna polbit untuk prodi D-III Elektro Pelayaran. Jumlah ini sangat jauh berkurang jika dibandingkan dengan tahun lalu yang membuka formasi polbit di hampir semua prodinya. Tidak heran apabila persaingan bagi peserta yang ingin masuk menjadi calon taruna polbit Poltekpel Surabaya akan semakin sengit. Karena 626 pendaftar di Poltekpel Surabaya, hanya akan diterima 24 orang saja.
Saat memberikan pengarahan kepada peserta Tes SKD di Kantor BKN Kanreg II Surabaya, Direktur Poltekpel Surabaya, Heru Widada, MM menyampaikan bahwa Tes SKD ini merupakan seleksi tahap kedua yang harus dilalui oleh para peserta SIPENCATAR setelah sebelumnya melalui tahap seleksi administrasi. Selain itu, beliau menambahkan bahwa pelaksanaan SKD Sipencatar Polbit Kementerian Perhubungan Tahun 2023 menggunakan Metode Computer Assisted Test (CAT) BKN yang transparan dan hasilnya dapat langsung dilihat saat selesai melaksanakan tes.
“Saya yakin BKN sangat keren, proses seleksi menggunakan metode CAT yang sangat transparan dan orang tua dan saudara kalian di rumah bisa melihat progres tes yang kalian kerjakan melalui live scoring yang ditayangkan melalui YouTube, sehingga bisa disaksikan dimanapun dan kapanpun”, tambah beliau.
Lebih lanjut, beliau berpesan kepada seluruh peserta agar tetap fokus, optimis dan yakin dapat mengerjakan seluruh soal dengan baik dan jujur.
“Untuk sampai di tahap ini kalian sudah mengalahkan ribuan pendaftar lainnya dan nantinya kalian akan menjadi generasi penerus di Kementerian Perhubungan”, pesan beliau.
Di akhir pengarahannya, beliau mengucapkan selamat menjalankan tes SKD dan semoga sukses dapat melanjutkan seleksi sampai tahap akhir dan bergabung menjadi Taruna Transportasi Kementerian Perhubungan yang memiliki nilai-nilai Prestasi yaitu Profesional, Etika, Standar global dan Integritas kepada seluruh peserta tes. (RA)