Taruna Poltekpel Surabaya Ramaikan Posko Nataru 2022/2023

18
Jan 2023
Category : Berita 2023
Author : Admin Poltekpel
Views : 173x

Seperti tahun-tahun sebelumnya, keberadaan posko terpadu sebagai pusat layanan masyarakat yang hendak menggunakan moda transportasi kapal laut di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara telah didirikan pada Minggu (18/12/2022). Hal itu merujuk pada instruksi Dirjen Perhubungan Laut terkait pelaksanaan Angkutan Laut Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru 2022/2023).

Guna membantu kelancaran arus mudik dan balik pada libur nataru 2022/2023, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), melalui sekolah-sekolah transportasinya terus mendukung posko terpadu Nataru 2022/2023 dengan menugaskan taruna-taruninya. Salah satu sekolah transportasi yang turut mendukung posko tersebut adalah Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya.

Taruna beserta pegawai dan tim medis Poltekpel Surabaya ikut membantu dan memonitor kelancaran arus mudik dan balik di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara. Mereka bertugas mulai dari tanggal 18 Desember 2022 sampai dengan 08 Januari 2023. Tim yang bertugas terdiri dari 8 taruna, seorang perwira jaga, dua petugas medis, dan dua pasuhtar.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan posko terpadu tersebut adalah sebagai komunikasi dan koordinasi antara berbagai instansi terkait untuk dapat menyediakan fasilitas dan layanan angkutan kapal laut dengan baik dan nyaman  selama masa mudik dan balik Nataru 2022/2023, sekaligus sebagai antisipasi dalam penanggulangan ancaman terhadap fungsi keamanan pelabuhan.

“Persiapan posko nataru kerjasama dan melibatkan seluruh stakeholder tanjung perak mulai regulator, TNI-Polri, Pemerintah Kota/Provinsi, BNPB, operator kapal hingga team kesehatan. Posko berdiri mulai tanggal 18 Desember 2022 hingga 08 Januari 2023,” ujar Dhany Rahman Agustian, selaku General Manager Kalimas dan GSN PT Pelindo Sub Regional Jawa.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indah Parawansa beserta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) meninjau langsung Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara dan sempat berbincang-bincang dengan taruna Poltekpel Surabaya yang sedang bertugas. Selain itu, Kepala BPSDMP, Djoko Sasono dan Direktur Poltekpel Surabaya, Heru Widada, M.M., beserta tim juga turut meninjau langsung kesiapan taruna dan posko Nataru 2022/2023 di Gapura Surya Nusantara pada hari yang berbeda.

“Kepada seluruh tim dari Poltekpel Surabaya, Perwira jaga, taruna-taruni, beserta tim medis yang sedang bertugas disini (Gapura Surya) saya berharap untuk terus semangat dalam  menjalankan tugasnya terutama untuk membantu dan melayani masyarkat yang akan bepergian menggunakan kapal laut di terminal penumpang GSN ini.” Ujar Heru Widada, M.M., selaku Direktur Poltekpel Surabaya.