TARUNA-TARUNI POLTEKPEL SURABAYA NONTON BARENG FILM G30S/PKI

2
Oct 2017
Category : Berita
Author : Administrator Web PoltekPel
Views : 132x

Minggu, 01 Oktober 2017 tepat pukul 13.00 WIB setelah makan siang, taruna-taruni POLTEKPEL Surabaya berkumpul di auditorium dalam rangka nonton bareng (nobar) film G30S/PKI. Acara nobar ini diselenggarakan oleh unit Pusat Pembinaan Karakter (PPK). Selain tim dari unit PPK dan Perwira Jaga (Paga), hadir pula Wadir III Capt. Hadi Setiawan, MT., M. Mar. untuk mengawasi acara tersebut.

WhatsApp Image 2017-10-01 at 9.02.04 PM

Film yang ditonton tersebut menceritakan peristiwa seputar 30 September tahun 1965, dan menuturkan pengkhianatan PKI, yang membunuh para jenderal TNI AD. Kelompok PKI lalu menguburkan perwira TNI AD di Lubang Buaya, Pondok Gede. Film itu disutradarai dan ditulis oleh Arifin C. Noer, diproduseri oleh G. Dwipayana dan dibintangi Amoroso Katamsi, Umar Kayam, dan Syubah Asa. Film itu diproduksi selama dua tahun dengan anggaran sebesar Rp 800 juta. Film ini disponsori oleh pemerintahan Orde Baru Soeharto. Film dibuat berdasarkan pada versi resmi menurut pemerintah dari peristiwa “Gerakan 30 September” atau “G30S” (peristiwa percobaan kudeta pada tahun 1965) yang ditulis oleh Nugroho Notosusanto dan Ismail Saleh, yang menggambarkan peristiwa kudeta ini didalangi oleh Partai Komunis Indonesia atau PKI.

WhatsApp Image 2017-10-01 at 9.01.58 PM

Acara nobar ini bertujuan untuk mengingatkan generasi penerus terhadap masa lalu yang kelam, yaitu tragedi pemberontakan G30S/PKI agar di kemudian hari tidak terulang kembali dan tidak bermaksud memunculkan kebencian, ini murni sebagai pelajaran bagi generasi muda.