BON VOYAGE PERWIRA SISWA DP-I, II, III, IV dan V Tahun 2022

8
Apr 2022
Category : Berita 2022
Author : Admin Poltekpel
Views : 173x

Diklat Pelaut Tingkat I (DP-I) angkatan 11, DP-II Angkatan  17, DP-III Angkatan 32, 33, dan 26, DP-IV Angkatan 29 dan 34, serta DP-V Angkatan 41 dan 40 telah usai dilaksanakan. Hal ini ditandai dengan pelaksanaan upacara penutupan (bon voyage) perwira siswa Diklat Pelaut Tingkat I, II, III, IV dan V Politeknik Pelayaran (POLTEKPEL) Surabaya yang kembali digelar di Auditorium POLTEKPEL Surabaya pada hari Kamis (7/4/2022) lalu.

Tanpa ditemani keluarga masing-masing akibat penerapan protokol kesehatan, bon voyage ini diikuti oleh 166 perwira siswa (pasis) DP-I hingga DP-V yang hadir dari 414 pasis yang terdaftar. Meski begitu para pasis yang berhalangan hadir dan keluarga masing-masing pasis masih dapat mengikuti kegiatan bon voyage ini secara virtual melalui aplikasi meeting online.

Hadir sebagai inspektur upacara, Direktur Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP), Capt. Weku Frederik Karuntu, MM, didampingi oleh Sekretaris BPSDM Perhubungan, Dr. Capt. Anthoni Arief Prihadi, M.Sc, Kepala Bidang Pendidikan BPSDMP, Capt. Semuel Palembangan, Direktur Poltekpel Surabaya, Capt. Sugiyono, MMTr, M.Mar, jajaran manajemen dan Dewan Senat Poltekpel Surabaya. Selain itu,turut hadir pada acara bon voyage tersebut untuk memberikan ucapan selamat kepada para pasis yang telah menempuh diklat yakni para dosen yang telah mengajar para pasis selama diklat berlangsung serta para tamu undangan.

Pada kesempatan tersebut juga disampaikan para pasis yang berhasil mendapatkan nilai terbaik, diantaranya:

  • Diklat Pelaut Tingkat I (DP-I), pasis terbaik diraih oleh Mohammad Ghaffar Ridhowan untuk bidang keahlian Nautika.
  • Diklat Pelaut Tingkat I (DP-I), pasis terbaik diraih oleh S. Arif Wahyudi untuk bidang keahlian Teknika.
  • Diklat Pelaut Tingkat II (DP-II), pasis terbaik diraih oleh Arief Aulia Pratama untuk bidang keahlian Nautika.
  • Diklat Pelaut Tingkat II (DP-II), pasis terbaik diraih oleh Muh. Asri H.M. untuk bidang keahlian Teknika.
  • Diklat Pelaut Tingkat III (DP-III), pasis terbaik diraih oleh Dicky Chandra Verdynata untuk bidang keahlian Nautika.
  • Diklat Pelaut Tingkat III (DP-III), pasis terbaik diraih oleh Maulana Ainul Yaqin untuk bidang keahlian Teknika.
  • Diklat Pelaut Tingkat IV (DP-IV), pasis terbaik diraih oleh Rabuna untuk bidang keahlian Nautika.
  • Diklat Pelaut Tingkat IV (DP-IV), pasis terbaik diraih oleh Anton Niyus Widodo untuk bidang keahlian Teknika.
  • Diklat Pelaut Tingkat V (DP-V), pasis terbaik diraih oleh Sudahri untuk bidang keahlian Nautika.
  • Diklat Pelaut Tingkat V (DP-V), pasis terbaik diraih oleh Agus Tri Budi Utomo untuk bidang keahlian Teknika.

Dalam sambutannya, Direktur KPLP menuturkan bahwa para pasis ini merupakan perwira terbaik yang telah menyelesaikan seluruh program diklat yang disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku pada IMO Model Course. Selain pengetahuan yang diterima selama mengikuti diklat, para pasis juga diharapkan telah dapat memperoleh softskill atau keahlian yang dapat diaplikasikan di tempat kerja. Selanjutnya beliau juga berujar agar para pasis dapat berkontribusi dalam memastikan kelaikan armada yang dimiliki oleh perusahaan tempat bekerja masing-masing pasis. Demi mewujudkan transportasi di bidang laut yang memberikan keamanan dan kenyamanan bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar.

Sementara itu, yang menarik dalam Bon Voyage kali ini adalah pelaksanaannya di bulan puasa atau bulan Ramadhan 1443H. Sehingga momen ini juga digunakan untuk melaksanakan acara Buka Bersama antara para tamu undangan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan setelah upacara usai. (RA)