Coffee Morning: Sosialisasi Sipencatar Jalur Non Polbit Poltekpel Surabaya

14
Jun 2023
Category : Berita 2023
Author : Admin Poltekpel
Views : 133x
Coffee Morning Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya Kembali dilaksanakan pada Rabu (14/06/2023) di Arctic Auditorium Poltekpel Surabaya. Acara yang mengambil tema “Sosialisasi Sipencatar Jalur Non Pola Pembibitan (Polbit) Tahun 2023 bersama siswa SMA/SMK dan masyarakat umum” menghadirkan narasumber dari internal dan eksternal. Narasumber internal berasal dari manajemen serta taruna dan alumni Poltekpel Surabaya, sedangkan narasumber eksternal berasal dari mitra pengguna lulusan Poltekpel Surabaya.
Acara yang dihadiri oleh perwakilan perusahaan pelayaran mitra Poltekpel Surabaya dan guru pendamping serta siswa-siswi SMA/SMK di wilayah provinsi Jawa Timur ini dibuka dengan tarian tradisional penyambutan yang dipersembahkan taruni Poltekpel Surabaya yang membawakan Tari Remo, serta atraksi tim karawitan dan tim angklung taruna Poltekpel Surabaya. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dan pengantar dari Direktur Poltekpel Surabaya, Heru Widada, MM. Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur yang diwakili oleh Pengawas Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Ibu Dra. Emie Ismiati, M.Pd., serta dilanjutkan dengan paparan materi dari para narasumber dalam sesi paparan dan diskusi.
Sesi paparan dan diskusi sendiri terbagi dalam 3 sesi. Sesi pertama membahas mengenai profil Poltekpel Surabaya dan tatacara pendaftaran Sipencatar Jalur Non Polbit dengan narasumber Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan, Bapak Slamet Riyadi, M.Si, M.Mar. Sedangkan sesi 2 berisi testimoni dari mitra kerja perusahaan pelayaran stakeholder Poltekpel Surabaya yang telah bertahun-tahun merekrut alumni Poltekpel Surabaya. Hadir sebagai narasumber sesi 2 manager-manager crewing PT. Salam Pasific Indonesia Line (SPIL), PT. Tanto Intim Line, PT. Meratus Line, PT. MCS Internasional, PT. Cipta Wira Tirta, PT. Waruna Nusa Sentana, Pt. Dharma Lautan Utama (DLU), dan PT. Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI). Sedangkan sesi 3 merupakan sharing pengalaman dari perwakilan alumni dan taruna Poltekpel Surabaya. Pada sesi ini, alumni yang hadir adalah Hariri Sulaiman yang saat ini bekerja sebagai 2nd officer di kapal pesiar Royal Carribean Cruise dan merupakan perwira dari Asia yang satu-satunya yang bekerja di perusahaan tersebut, Willy Desmond yang saat ini bekerja sebagai perwira di kapal perusahaan Norwegia, serta Nandita Bella yang saat ini berkarir sebagai ASN dan ditempatkan Kembali ke sekolah asal, Poltekpel Surabaya. Tak mau kalah dengan kakak kelasnya, taruna perwakilan masing-masing jurusan juga hadir untuk berbagi cerita. Diantaranya Diaz Apriandi dari jurusan Nautika, Dwi Endah dari jurusan Teknika, Raivaldo dari jurusan Elektro Pelayaran, dan Nadifa Salsabila dari jurusan Transportasi Laut.
Sebagai perguruan tinggi kedinasan di bawah KementerianPerhubungan satu-satunya di Indonesia yang memiliki program studi terbanyak di tingkat Diploma-III dan Diploma-IV, Poltekpel Surabaya memang diakui oleh narasumber eksternal bahwa lulusan perguruan tinggi kedinasan ini sangat diincar di industri pelayaran, khususnya prodi Elektro Pelayaran yang begitu dinanti meskipun belum lulus pendidikan. Hal ini dikarenakan banyaknya kebutuhan SDM pelaut di industri maritim. Bahkan ada beberapa perusahaan yang bersedia menanggung biaya Pendidikan dari taruna Poltekpel Surabaya, atau sudah mengikat kontrak kerja bahkan semenjak taruna tersebut masih berstatus magang atau praktek kerja. Tidak heran apabila 295 peserta Coffee Morning yang hadir di auditorium Poltekpel Surabaya berantusias menyimak seluruh materi dan aktif dalam diskusi.
Di akhir acara, pada saat ramah tamah, disajikan atraksi taruna taruni Poltekpel Surabaya dalam parade fashion show seragam taruna serta pengundian dan penyerahan hadiah doorprize bagi seluruh peserta yang hadir dalam berbagai games yang diadakan. (RA)