Hebat! Dua Taruna Poltekpel Surabaya Ikuti Program Global On Board Training di Korea Selatan

8
Feb 2023
Category : Berita 2023
Author : Admin Poltekpel
Views : 66x

Dua taruna Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya telah selesai mengikuti pelatihan Global on Board Training Programme di Busan, Korea Selatan. Kedua taruna tersebut adalah Viki Ramadhani dari program studi (prodi) D-IV Teknologi Rekayasa Operasi Kapal (D-IV TROK) dan Athi’ Mufidah dari prodi D-III Elektro Pelayaran.

Mereka berdua terpilih untuk mengikuti pelatihan Official Development Assistance (ODA) project di Busan, Korea Selatan. Program ini diusung oleh Organisasi Maritim Internasional berdasarkan IMO’s Integrated Technical Cooperation Programme (ITCP) Bersama pemerintah Korea Selatan pada Kerjasama internasional di bidang kemaritiman. Program ini terbuka untuk para cadet dari negara-negara Asia Pasifik yang tergabung dalam The Asia Pasific Economic Cooperation for Seafarers Excellence Network (APEC SEN) yakni Filipina, Peru, Mexico, Vietnam, Indonesia. Selain itu, terdapat beberapa negara perwakilan dari IMO seperti Argentina, Guatemala dan Panama.

Viki Ramadhani dan Athi’ Mufidah menjalani diklat tersebut selama dua bulan yang dilaksanakan sejak tanggal 20 September sampai dengan 17 Desember 2022. Bentuk pelatihan yang mereka ikuti meliputi Basic Safety Training, Simulation Training dan On Board Training. Tujuan diadakannya program Global On Board Training Programme ini adalah untuk memberikan pendidikan dan pelatihan secara global guna membekali para cadet dengan pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni, sehingga menghasilkan pelaut yang berkualifikasi baik dan lebih siap beradaptasi di dunia kerja industry maritim.

Dalam menjalani pelatihan selama dua bulan di Busan, Korea Selatan. Kedua taruna Poltekpel Surabaya tersebut memperoleh prestasi yang sangat membanggakan. Viki Ramadhani memperoleh prestasi Best Excellent Cadet. Sedangkan untuk Athi’ Mufidah memperoleh prestasi Best Video Leadership. (asamy)