Seleksi Wawancara Sipencatar Jalur Non Polbit Poltekpel Surabaya Gelombang 1 Tahun 2024

26
Apr 2024
Category : Berita 2024
Author : Admin Poltekpel
Views : 39x

Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya menyelenggarakan rangkaian tahapan tes Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) Jalur Non Pola Pembibitan (Polbit) Gelombang I Tahun 2024 di Kampus 2 Gunung Anyar Surabaya. Rangkaian tes ini dilaksanakan sejak Senin hingga Jumat (22-26/04/2024) lalu. Tahun 2024 ini Poltekpel Surabaya memang hanya membuka 2 jalur penerimaan Sipencatar, yakni Jalur Polbit dan Jalur Non Polbit. Pendaftaran jalur Non Polbit Gelombang I sudah dilaksanakan sejak 26 Februari hingga 17 April 2024 lalu, sedangkan pendaftaran jalur Polbit masih menunggu informasi dari panitia pusat BPSDM Perhubungan dan BKN.

Pada Sipencatar jalur Non Polbit Gelombang I ini, sebanyak 323 peserta yang memenuhi syarat dinyatakan lolos seleksi administrasi awal dan berhak mengikuti rangkaian tes selanjutnya. Diantaranya terdiri dari Tes Kesehatan pada hari pertama, Psikotes di hari kedua, Tes Kesamaptaan pada hari ketiga, Tes Potensi Akademik (TPA) hari keempat dan hari kelima Tes Wawancara. Seluruh peserta tersebut akan memperebutkan kuota yang tersedia di prodi-prodi yang ada di Poltekpel Surabaya.

Terdapat 7 program studi (prodi) yang dibuka di Poltekpel Surabaya yang akan menerima sebanyak 541 calon taruna (catar) pada jalur Non Polbit ini. Dari jumlah tersebut, kuota yang tersedia di masing-masing prodi sebagai berikut:

  • DIII Nautika sebanyak 94 orang
  • DIII Teknika sebanyak 72 orang
  • DIII Elektro Pelayaran sebanyak 51 orang
  • DIV Teknologi Rekayasa Operasi Kapal (TROK) sebanyak 72 orang
  • DIV Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal (TRPK) sebanyak 72 orang
  • DIV Teknologi Rekayasa Kelistrikan Kapal (TRKK) sebanyak 63 orang
  • DIV Transportasi Laut sebanyak 117 orang

Hari terakhir yakni hari kelima, para peserta mengikuti Tes Wawancara pada Jumat (26/04/2024) lalu di Arctic Auditorium Poltekpel Surabaya. Kegiatan ini untuk menilai kesan dan penampilan, kesungguhan dan motivasi, serta kemampuan berkomunikasi para peserta. Peserta yang hadir mengikuti Tes Wawancara ini diseleksi langsung oleh para dosen dari perwakilan semua prodi yang ada di Poltekpel Surabaya.

Sementara itu, Poltekpel Surabaya berencana membuka pendaftaran Sipencatar Jalur Non Polbit Gelombang II Tahun 2024 untuk memenuhi sisa kuota yang tersedia dari hasil tes Gelombang sebelumnya. Pendaftaran Sipencatar Jalur Non Polbit Gelombang II Poltekpel Surabaya dibuka mulai 8 Mei sampai 5 Juni 2024. Bagi yang berminat, manfaatkan kesempatan ini. Sampai jumpa di Poltekpel Surabaya! (RA)