KAPUSBANG LAUT LANTIK PERWIRA SISWA POLTEKPEL SURABAYA

19
Aug 2022
Category : Berita 2022
Author : Admin Poltekpel
Views : 55x

Kampus Kementerian Perhubungan, Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya melantik 377 perwira siswa (pasis) Diklat Peningkatan Tingkat I hingga Tingkat V sebagai Ahli Nautika dan Ahli Teknika. Pelantikan yang disebut dengan Upacara Bon Voyage Pasis ini diselenggarakan pada Jumat (19/8/2022) di Arctic Auditorium Poltekpel Surabaya dengan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin.

Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut (PPSDMPL), Bapak Amiruddin, MM, selaku inspektur upacara menyampaikan harapan kepada para pasis agar mampu menjadi pribadi-pribadi yang unggul, memiliki kompetensi sesuai dengan yang telah disyaratkan dalam IMO dan STCW, sikap profesional dan memiliki mental tangguh untuk dapat memimpin di atas kapal.

Mengusung tema “PELAUT INDONESIA BANGKIT DAN MENDUNIA”, beliau menekankan pentingnya kontribusi dari para Pelaut sebagai Key Workers yang merupakan kunci dari perdagangan global di era disrupsi seperti saat ini, dibutuhkan kemampuan adaptasi, kreativitas dan keuletan yang tinggi untuk meningkatkan kompetensi di era new normal ini.

Adapun Direktur Poltekpel Surabaya, Bapak Heru Widada, MM, melaporkan 377 pasis yang dilantik terdiri dari 60 pasis program Diklat Peningkatan Tingkat I Keahlian Nautika dan 51 pasis Diklat Peningkatan Tingkat I Keahlian Teknika, 65 pasis program Diklat Peningkatan Tingkat II Keahlian Nautika dan 67 pasis Diklat Peningkatan Tingkat II Keahlian Teknika, 52 pasis program Diklat Peningkatan Tingkat III Keahlian Nautika dan 39 pasis Diklat Peningkatan Tingkat III Keahlian Teknika, 14 pasis program Diklat Peningkatan Tingkat IV Keahlian Nautika, serta 14 pasis program Diklat Peningkatan Tingkat V Keahlian Nautika dan 15 pasis Diklat Peningkatan Tingkat V Keahlian Teknika.

Menambahkan hal tersebut di atas, beliau berpesan agar para pasis terus dapat berkontribusi menciptakan SDM Transportasi Laut yang memiliki nilai-nilai PRESTASI (Profesional, Etika, Standar Global dan Integritas). (RA)