“MEMBENTUK KADET PELAYARAN BERKARAKTER HERO DENGAN PROGRAM CADET CHARACTER CLASS (CCC)”

25
Nov 2016
Category : Berita
Author : Admin Poltekpel
Views : 200x

img-20161125-wa0016

Jaman  berubah dengan cepat, begitu juga dengan tuntutan dunia pelayaran yang sudah mulai berubah. Saat ini dunia pelayaran tidak hanya membutuhkan kadet yang hanya menguasai pengetahuan pelayaran tapi juga harus berkarakter, diantaranya integritas diri dan mampu menjalin hubungan dengan orang lain .

img-20161101-wa0000

Untuk menjawab tantangan inilah, unit Psikologi Politeknik Pelayaran surabaya bekerjasama dengan AKSI Consulting mengadakan program Cadet Character Class (CCC) yang bertujuan membentuk kadet pelayaran yang berkarakter “HERO”. Ada empat karakter kadet yang ingin dibentuk dalam program Cadet Character Class (CCC) ini yaitu Humanis, Emphaty, Respect, Outstanding. Sosok Taruna yang mempunyai integritas diri, bersahabat, profesional, dan tangguh.

Untuk mencapai 4 karakter HERO, didalam program Cadet Character Class (CCC) ini disusunlah kurikulum materi berupa 8 modul pembelajaran yang aplikatif dan berdasarkan metode pemberdayaan diri terkini diantaranya modul manajemen perubahan diri, modul kekuatan kecerdasan Fisik-Spiritual-Emosional, modul mengenal potensi diri untuk mencapai karakter Humanis. Adanya modul manajemen Hati, modul manajemen emosi, modul keajaiban kepedulian membentuk karakter Emphaty dan karakter Respect. Sedangkan modul Kekuatan Pikiran, modul Peta Sukses Hidup, modul Keajaiban Tindakan untuk membentuk karakter Outstanding.

img-20161125-wa0014

Cadet Character Class (CCC) ini diperuntukkan bagi Taruna semester 3 program Diploma III dan DP III Pembentukan. Diselenggarakan setiap hari Senin-Kamis di jam belajar mandiri Taruna, secara bergantian dimana masing-masing Taruna mendapat 2 kali tatap muka di kelas. Dipadukan dengan metode penyampaian yang attraktif sehingga suasana kelas pembelajaran menjadi dinamis, menyenangkan dan tetap sarat manfaat. Untuk menunjang program Cadet Character Class (CCC) agar berjalan optimal dipilihlah tenaga-tenaga pengajar para trainer profesional yang merupakan praktisi sumber daya manusia yang sudah berpengalaman.

Program Cadet Character Class (CCC) ini besar harapannya mampu membentuk para Kadet pelayaran yang bernilai lebih dan sanggup menjawab tantangan serta tuntutan dunia pelayaran saat ini.