PELANTIKAN PERWIRA TRANSPORTASI LAUT KE 46 POLTEKPEL SURABAYA

12
May 2022
Category : Berita 2022
Author : Admin Poltekpel
Views : 100x

Sebanyak 262 perwira transportasi laut Program Diploma III dan Diklat Pembentukan Tingkat III Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya resmi dilantik pada Kamis (12/05/2022) lalu di Lapangan Plaza Poltekpel Surabaya. 262 lulusan yang dilantik tersebut terdiri dari 235 orang lulusan Program Diploma III Prodi Nautika, Teknika, dan Elektro Pelayaran. Selain itu terdapat 27 orang lulusan Program Diklat Pembentukan Tingkat III Prodi Nautika danTeknika. Mereka diharapkan dapat menjadi pelaut yang tangguh untuk melaksanakan pekerjaan di atas kapal dengan tetap memperhatikan kelestarian masa depan sektor maritim yang ramah lingkungan.

Tema yang diusung dalam pelantikan perwira transportasi laut ke 46 ini adalah Competent Seafarers Are Ready To Support A Green Transition Of The Maritime Sector Into A Sustainable Future. Hal ini sejalan dengan salah satu komitmen IMO untuk membantu negara-negara anggota PBB dalam menciptakan masa depan yang berkelanjutan, yang merupakan salah satu dari 17 tujuan pembangunan berkelanjutan SDGs.

Hadir sebagai inspektur upacara pada kegiatan ini yakni Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi (Dirjen Dikti Ristek) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, Asean Eng. Beliau mengucapkan selamat kepada para perwira transportasi laut yang baru saja dilantik atas keberhasilan menyelesaikan jenjang pendidikan dan pelatihan. Dia berharap, dengan pelantikan itu para perwira tersebut dapat terus mengembangkan diri untuk bersama-sama membangun Indonesia.

Terlebih lagi, kata dia, saat ini dunia tengah berhadapan dengan pandemi Covid-19. Dengan situasi itu, pelaut memiliki peranan penting dan strategis dalam menjaga keseimbangan pergerakan perpindahan orang dan barang serta menjamin komoditas di dunia agar tetap berjalan lancar, aman, dan selamat sampai tujuan. Indonesia memiliki sumber daya lautan yang sangat besar. Karena itu, diperlukan banyak kompetensi untuk mengolah kekayaan bangsa tersebut.

Selain Dirjen Kemenristekdikti, momen besar ini juga dihadiri oleh Kepala BPSDM Perhubungan, Dr. Ir. Djoko Sasono, MS,C (Eng), Sekretaris BPSDM Perhubungan, Dr. Capt. Antoni Arif Priadi, M.Sc, Kepala PPSDM Perhubungan Laut, Amiruddin, MM, Para Kepala UPT/Satker di lingkungan Kementerian Perhubungan, Dewan Pengawas Poltekpel Surabaya, Para pimpinan stakeholder Poltekpel Surabaya serta jajaran manajemen Poltekpel Surabaya. Sedangkan orang tua/wali taruna mengikuti kegiatan secara virtual melalui zoom meeting maupun live streaming Youtube Poltekpel Surabaya.

Acara yang dimulai sejak pukul 7 pagi tersebut berlangsung khidmat dan meriah, karena usai kegiatan upacara pelantikan inti, para tamu undangan disuguhkan penampilan atraksi taruna-taruni Poltekpel Surabaya dalam berbagai bentuk kesenian. Diantaranya seni tari, seni pencak silat, reog Ponorogo, gerak tari dan lagu paduan suara Gema Swara Samudera, Marching Band Gita Swara Samudera, dan ditutup dengan tari Bersama Top-topan. Usai upacara dan persembahan taruna-taruni Poltekpel Surabaya, para perwira muda tersebut bergabung bersama keluarga masing-masing untuk berbagi momen kebahagiaan tersebut. Sedangkan para tamu undangan VVIP mengikuti kegiatan kunjungan ke berbagai fasilitas dan lab/simulator Poltekpel Surabaya yang dilanjutkan dengan kegiatan ramah tamah di ruang Auditorium Poltekpel Surabaya. (RA)