Pelindo III Sertifikasi Ratusan Pekerjanya di POLTEKPEL Surabaya

21
Mar 2018
Category : Berita
Author : Administrator Web PoltekPel
Views : 164x

Sebagai tindak lanjut dari penandatanganan MoA (Memorandum of Agreement) antara PT. Pelindo Daya Sejahtera (PDS) dengan POLTEKPEL Surabaya pada Februari lalu, Improvement Center Pelindo III (ICP) yang dikelola oleh PDS melakukan sertifikasi kepada ratusan pekerja bongkar muat yang ada  di pelabuhan. Sertifikasi yang diberikan meliputi pendidikan dan pelatihan (diklat) Basic Safety Traininig (BST) yang dilaksanakan di Kampus POLTEKPEL Surabaya.

Kegiatan ini merujuk pada konvensi internasional untuk pelatihan dan sertifikasi, Standards of Training, Certification and Watchkeeping for Seafarers (STCW) 1978 Amandemen 2010. Selain para pekerja telah  tersertifikasi oleh Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker),   juga harus disertifikasi oleh lembaga sertifikasi yang sesuai dengan profesi yang dijalani para pekerja tersebut,  yang saat ini dilaksanakan oleh POLTEKPEL Surabaya.

Sebanyak 200 orang Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) di wilayah Pelindo III akan melaksanakan diklat BST secara bertahap di POLTEKPEL Surabaya. Setiap periode diklat akan diikuti oleh 50 TKBM dimana masing-masing diklat berlangsung selama 9 hari.   Angkatan I diklat BST PDS di POLTEKPEL Surabaya telah dimulai sejak tanggal 12 hingga 21 Maret 2018, sedangkatan angkatan II  akan dimulai pada tanggal 2 hingga 11 April mendatang.

“Pegawai yang bekerja di lingkungan Pelindo harus kompeten dan bersertifikasi, sehingga terpercaya”, ujar Direktur SDM Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III, Toto Heli Yanto. Beliau menambahkan kompetensi pekerja bongkar muat harus ditingkatkan agar bisa menangani bongkar muat kapal berbendera asing secara profesional untuk menjamin Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) operasional di pelabuhan.