PEMBUKAAN DIKLAT PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (DPM) BST KLM & SKK 30 MIL ANGKATAN I KERJASAMA POLITEKNIK PELAYARAN SURABAYA DAN KSOP KELAS III TARAKAN

3
Apr 2021
Category : Berita 2021
Author : Admin Poltekpel
Views : 119x

Politeknik Pelayaran(Poltekpel) Surabaya sebagai lembaga pendidikan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi di bidang pelayaran dan merupakan salah satu lembaga diklat di bawah Kementerian Perhubungan khususnya Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan.

Pada tahun 2021 ini mendapat tugas untuk melaksanakan Diklat Pemberdayaan Masyarakat(DPM) sejumlah 2.650 sertifikat. DPM ini adalah salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan sumber daya manusia di bidang kepelautan khusunya awak kapal dengan memberikan pendidikan dan latihan secara gratis kepada masyarakat luas. Diharapkan dengan adanya DPM ini dapat membantu dalam meningkatkan kompetensi dan kemampuan peserta diklat yang nantinya dapat memberikan kontribusi yang luas terhadap program pemerintah seperti yang sudah dicanangkan saat ini yaitu Indonesia sebagai poros maritim dunia dan pengembangan tol laut sebagai sarana pemerataan ekonomi di seluruh Indonesia karena Diklat Pemberdayaan Masyarakat ini merupakan salah satu sarana untuk menghasilkan awak kapal yang profesional.

Pada hari ini Jumat, 2 April 2021, Poltekpel Surabaya bekerjasama dengan KSOP Kelas III Tarakan menyelenggarakan DPM BST KLM dan SKK 60 Mil Angkatan I bagi nelayan di sekitar wilayah Tarakan. Diklat dibuka oleh Bapak Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Ir. R. Agus H. Purnomo, MM. yang sekaligus meresmikan Menara Suar Tanjung Batu Tarakan serta membuka Program Padat Karya KSOP Kelas III Tarakan. Pembukaan diklat juga dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Utara, Walikota Tarakan dan Wakil Ketua Komite II DPD/MPR-RI.

Jumlah peserta yang mengikuti DPM ini sebanyak 140 orang. Dengan mengikuti Diklat BST KLM dan SKK 60 mil ini, diharapkan para nelayan memahami dan mengerti tentang keselamatan jiwa dalam pelayaran di laut yang dibuktikan dengan sertifikat kecakapan.