PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT: HIBAHKAN HASIL KARYA TARUNA POLTEKPEL SURABAYA

8
May 2021
Category : Berita 2021
Author : Admin Poltekpel
Views : 59x

Pandemi Virus Corona (Covid-19) masih melanda dunia dan juga Indonesia. Korban meninggal dunia di Indonesia yang cukup tinggi dan masih adanya penambahan pasien positif Covid-19 menunjukkan bahwa Covid-19 masih merupakan masalah serius. Meskipun sudah dilaksanakan vaksin Covid-19 secara bertahap, namun pencegahan dan pemutusan penyebaran Covid-19 merupakan upaya yang lebih baik daripada pengobatan. Penerapan protokol kesehatan merupakan upaya pemutusan Covid-19.

Tangan adalah salah satu media penyebaran penyakit setelah melakukan berbagai aktivitas. Cuci tangan dengan hand sanitizer  merupakan salah satu pola hidup baru dalam era new normal. Pada masa ini, beberapa fasilitas publik yang sebelumnya ditutup akhirnya kembali dibuka dengan syarat tetap menerapkan protokol kesehatan. Salah satu protokol kesehatan yang harus dijalankan di tempat-tempat umum adalah adanya tempat cuci tangan atau penyediaan hand sanitizer. Namun, tuas hand sanitizer  yang ditekan secara bergantian malah bisa menjadi sarana persebaran COVID-19 karena tertinggalnya virus di tuas hand sanitizer  tersebut.

Oleh karena itu, melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya ini dikembangkanlah sebuah alat hand sanitizer otomatis yang dapat menyemprotkan cairan hand sanitizer tanpa menyentuh tuas sprayer atau yang biasa disebut Auto Handsanitizer. Alat tersebut dibagikan ke dua instansi daerah terdekat dari Kampus Poltekpel Surabaya, yaitu Kantor Kecamatan Gunung Anyar dan Kantor Kelurahan Gunung Anyar pada Kamis (06/05/2021) pagi. Tim PKM Poltekpel Surabaya yang dipimpin oleh Wakil Direktur I, Bapak Soleh Uddin, sebagai perwakilan Direktur Poltekpel Surabaya, menyerahkan kedua alat ini kepada Camat Gunung Anyar, Maria Agustin Yuristina, S.STP. M.Si, dan Sekretaris Kecamatan Gunung Anyar sebagai perwakilan Lurah Gunung Anyar.

Auto Handsanitizer ini merupakan hasil karya taruna D-III Elektro Pelayaran dan D-IV Teknik Rekayasa Kelistrikan Kapal (TRKK) Poltekpel Surabaya atas asuhan para dosen di Poltekpel Surabaya. Pada kesempatan tersebut, mereka juga memberikan penjelasan mengenai fungsi dan teknis penggunaan alat. Setelah mendapatkan penjelasan dan arahan dari tim PKM, segenap jajaran di Kecamatan Gunung Anyar langsung memanfaatkan alat tersebut dan memasangnya di tempat yang strategis di Kantor Kecamatan. Alat ini mampu memberikan dukungan perlindungan kesehatan bagi pegawai kantor Kecamatan atau Kelurahan maupun juga masyarakat di wilayah Kecamatan Gunung Anyar agar terhindar dari COVID-19.