Perpustakaan Nasional Berikan Akreditasi (B)aik Sekali Untuk Perpustakaan POLTEKPEL Surabaya

1
Nov 2021
Category : Berita 2021
Author : Admin Poltekpel
Views : 62x

“Usaha tak akan mengkhianati hasil” . Kata bijak ini-lah sedang dirasakan oleh salah satu unit kerja pendukung pembelajaran dan menjadi pusat literasi di kampus pelayaran Bumi Gunung Anyar. Unit Perpustakaan dan Dokumentasi POLTEKPEL Surabaya berhasil meraih indeks akreditasi B dari Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas). Suatu yang membanggakan bagi sivitas akademika, terutama kepala unit perpustakaan beserta para pustakawan.

Perpustakaan Polaris, sebutan Unit Perpustakaan dan Dokumentasi di kalangan Taruna/i POLTEKPEL Surabaya, resmi ditetapkan ter-akreditasi B pada tanggal 28 Juli 2021 oleh Kepala Perpusnas RI, sebagaimana yang tertulis pada terbitnya sertifikat akreditasi yang akan diterima. Jumat (15/10/2021), seluruh tim perpustakaan Polaris berkunjung ke Perpustakaan Universitas Surabaya (UBAYA). Kegiatan kunjungan ini bukan tanpa alasan, melainkan menghadiri undangan dari Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) Jawa Timur untuk mengambil sertifikat akreditasi fisik. Pengambilan sertifikat akreditasi di Perpustakaan Ubaya ini dilakukan oleh seluruh perpustakaan perguruan tinggi wilayah Jawa Timur, mengingat kepala FPPTI Jawa Timur juga merupakan Kepala Perpustakaan UBAYA, Bapak Amirul Ulum, M.IP.

Sedikit kilas-balik pada tahap yang ditempuh oleh Tim Perpustakaan Polaris, Perpusnas RI memberikan kesempatan kepada seluruh perpustakaan di Indonesia untuk melakukan akreditasinya sejak awal bulan Maret 2021 hingga bulan Mei 2021. Tentunya dengan adanya pengumuman ini, semangat dan antusias Perpustakaan Polaris untuk mencoba menjadi peserta akreditasi. Meskipun awalnya ragu karena jumlah pustakawan Perpustakaan Polaris baru memiliki 2 orang. Namun seiring berjalannya proses persiapan akreditasi, Perpustakaan Polaris mengikuti pelatihan perpustakaan yang diselenggarakan oleh Perpusnas RI dengan Universitas Negeri Jakarta pada bulan Maret 2021 selama dua pekan. Pelatihan ini diikuti oleh Kepala Unit dan Petugas Teknis Perpustakaan dengan bertujuan nantinya dapat beralih pula menjadi seorang pustakawan setelah menyelesaikan pelatihan. Dengan adanya penambahan jumlah pustakawan ini, Perpustakaan Polaris berubah mindset bahwa mereka berani menghadapi akreditasi dan akan mendapatkan hasil yang baik sesuai dengan kemampuan dalam melengkapi unsur penilaian yang harus dipenuhi. Apalagi Perpustakaan Polaris cukup percaya diri karena saat ini telah memiliki layanan unggulan baru, yaitu antar-jemput bahan pustaka. Tujuan adanya layanan antar-jemput bahan pustaka ini memberikan kemudahan kepada pemustaka dalam melakukan sirkulasi (peminjaman-pengembalian) tanpa harus mendatangi perpustakaan, cukup petugas perpustakaan / pustakawan yang mengantakan atau mengambil bahan pustaka yang akan dikembalikan.  Layanan unggulan ini hanya berlaku di lingkungan internal POLTEKPEL Surabaya. Seluruh sivitas akademika, baik ASN, non-ASN, dan pengajar dapat memanfaatkan layanan unggulan dari Perpustakaan Polaris POLTEKPEL Surabaya.

Melalui proses yang cukup panjang dan banyaknya poin penilaian, Perpustakaan Polaris harus melengkapi sejumlah berkas pendukung yang menjadi persyaratan komponen akreditasi. Sebagai salah satu Perpustakaan Perguruan Tinggi, tentunya Perpustakaan Polaris telah menjadi anggota FPPTI Jawa Timur. Selama berjalannya persiapan akreditasi ini, tentunya FPPTI Jawa Timur turut setia membimbing dan mendampingi demi menuju titik perolehan akreditasi dari Perpusnas. And this is it, berkat semangat ’45 dari tim Perpustakaan, arahan dan dukungan dari Direktur POLTEKPEL beserta jajaran manajemen, serta bimbingan dari FPPTI Jawa Timur, Predikat Akreditasi B berhasil diraih.

Meskipun predikat B pada akreditasi sudah diperoleh, ternyata Perpustakaan Polaris belum berpuas hati dan tidak boleh terlena. Masih banyak “tugas” yang harus ditingkatkan pada hal yang masih dirasa kurang, berkomitmen dalam mempertahankan pada hal yang sudah memuaskan, dan terus berupaya membangun pusat literasi yang memfasilitasi pembelajaran Taruna/i dan Sivitas Akademika POLTEKPEL Surabaya. (DW)