Pusbang Laut Adakan Focus Group Discussion (FGD) Di Poltekpel Surabaya

9
Apr 2018
Category : Berita
Author : Administrator Web PoltekPel
Views : 44x

1

SURABAYA – Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Laut (PPSDM Hubla) menggelar Focus Group Discussion (FGD) “Nomenklatur Program Studi Perguruan Tinggi Pelayaran Tahun Anggaran 2018” di kampus Politeknik Pelayaran (POLTEKPEL) Surabaya pada hari Senin (02/04/2018). Kegiatan FGD ini dibuka oleh Kepala PPSDM Hubla, Bapak Ir. I Nyoman Sukayadnya, MM, dan menghadirkan narasumber Ibu Megawati Santoso, Ph.D (Dosen ITB dan Tim ahli Ditjen Belmawa Kemenristekdikti), Prof. Noor Endah (Dosen ITS dan Tim ahli Ditjen Belmawa Kemenristekdikti), serta Dr. Sri Gunani (Tim ahli Ditjen Belmawa Kemenristekdikti).

Perwakilan dari beberapa Perguruan Tinggi di bidang Pelayaran yang bernaung di bawah Kementerian Perhubungan dan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) turut hadir dalam kegiatan tersebut. Antara lain Politeknik Pelayaran (POLTEKPEL) Surabaya, STIP Jakarta, ITS, Politeknik Perkapalan Surabaya, Polimarin Semarang, PIP Semarang, PIP Makasar, Poltekpel Sumatera Barat, BP2IP Malahayati Aceh, BP2IP Tangerang, BP2IP Sorong, BP2IP Barombong, dan BDP Minahasa Selatan.

2

Sebagai lembaga yang menaungi badan pendidikan dan pelatihan maupun perguruan tinggi di bidang pelayaran, kegiatan yang digagas oleh PPSDM Hubla ini dimaksudkan untuk menyesuaikan dan menyeragamkan perijinan maupun nomenklatur yang digunakan sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan dan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Melalui FGD ini akan disusun bersama Nomenklatur Program Studi Pelayaran dan Body Of Knowledge (BOK) untuk dapat diusulkan dalam perubahan Nomenklatur Program Studi pada Keputusan Menristekdikti Nomor 257/M/KPT/2017. Dimana ke depannya, diharapkan program studi (prodi) bidang transportasi laut khususnya pelayaran dapat diakui oleh Kemenristekdikti guna akreditasi prodi maupun akreditasi institusi.

Setelah pemaparan materi kebijakan Permenristekdikti Nomor 15 Tahun 2017 oleh Tim ahli dari Ditjen Belmawa Kemenristekdikti, Ibu Megawati Santoso, Ph.D, diberikan kesempatan penyampaian informasi Nomenklatur oleh perwakilan dari ITS, Poltek Perkapalan Negeri Surabaya, Polimarin Semarang, dan perwakilan Perguruan Tinggi di bawah BPSDM Perhubungan pada UPT Perhubungan Laut. Selanjutnya diadakan diskusi BOK bidang Kelautan sebagai dasar penetapan Nomenklatur yang berlangsung secara aktif diantara para peserta FGD. Hasil simpulan yang dihasilkan melalui forum diskusi inilah yang nantinya akan diusulkan sebagai perubahan dan penambahan Nomenklatur prodi pada Keputusan Menristekditkti.