Semarak Idul Adha 1444 H, Poltekpel Surabaya Gelar Penyembelihan Hewan Kurban

30
Jun 2023
Category : Berita 2023
Author : Admin Poltekpel
Views : 36x
Memperingati Hari Raya Idul Adha 1444 H tahun 2023 Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya melaksanakan penyembelihan hewan kurban di Outbond Area milik Poltekpel Surabaya. Momen ini menjadi kesempatan bagi Sivitas Akademika Poltekpel Surabaya untuk mengenang peristiwa monumental Nabi Ibrahim AS yang diperintahkan oleh Allah SWT untuk menyembelih putra kesayangannya, Nabi Ismail AS. Esensi dari ibadah kurban ialah kerendahan dan keikhlasan hati dalam berbagi kepada orang yang membutuhkan. “Daging kurban dan darahnya itu sekali-kali tidak akan sampai kepada Allah, tetapi yang sampai kepada-Nya adalah ketaqwaan kamu. Demikianlah Dia menundukkannya untuk-mu agar kamu mengagungkan Allah atas petunjuk yang Dia berikan kepadamu. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al-Hajj : 37),
Kepala Bagian Keuangan dan Umum, Capt. Sidrotul Muntaha, M. Si., M. Mar., mengajak seluruh warga atau sivitas akademika Poltekpel Surabaya untuk meneladani sifat-sifat Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS, terutama dalam hal kepatuhan dan ketaatan terhadap perintah Allah SWT. Dalam momen tersebut, Capt. Sidrotul bersama Wadir II Poltekpel Surabaya, Capt. I Kadek Laju, S.H., M.M., M.Mar., secara simbolis menyerahkan sapi dan kambing kurban Poltekpel Surabaya kepada panitia penyembelihan kurban.
Pada momen Idul Adha 1444 H ini, Poltekpel Surabaya mendapatkan 11 ekor sapi dan 12 ekor kambing kurban. Namun hanya 3 ekor sapi saja yang disembelih oleh panitia kurban di Poltekpel Surabaya. Selebihnya, hewan kurban tersebut didistribusikan ke Masjid Al-Akbar, sejumlah masjid, panti asuhan, serta pondok pesantren yang berada di sekitar Poltekpel Surabaya. Dari 3 ekor sapi yang disembelih, hasil pemotongan daging 2 ekor sapi dibagikan kepada seluruh pegawai Poltekpel Surabaya, tenaga keamanan, serta cleaning service. Sedangkan untuk 1 ekor sapi lainnya dimasak di dalam dapur taruna untuk diberikan atau dikonsumsi oleh taruna-taruni Poltekpel Surabaya.
“Pemotongan hewan kurban merupakan salah satu bentuk kepedulian dalam berbagi kepada sesame. Semoga hewan kurban dari Sivitas Akademika Poltekpel Surabaya kali ini dapat bermanfaat.” Ujar Capt. Sidrotul Muntaha, M.Si., M.Mar.
Capt. Sidrotul juga memberikan pesan kepada seluruh panitia penyembelihan hewan kurban agar melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab dan keikhlasan. Diharapkan semangat kepedulian dan keikhlasan dalam berbagi kepada sesama melalui pemotongan hewan kurban ini bisa memberikan manfaat dan kebahagiaan bagi semua pihak yang terlibat. Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 H kepasa seluruh umat muslim di Poltekpel Surabaya dan seluruh Nusantara. (asamy)