Taruna Poltekpel Surabaya Ikuti Apel Pembukaan Posko Angkutan Laut Lebaran di KSOP Kelas II Gresik

10
Apr 2023
Category : Berita 2023
Author : Admin Poltekpel
Views : 149x

Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Gresik menggelar apel kesiagaan pembukaan posko penyelenggaraan angkutan laut lebaran tahun 2023 (1444 H). acara ini dihadiri oleh pejabat instansi terkait dan stakeholder yang terlibat dalam pengelolaan angkutan laut pada masa lebaran di pelabuhan Gresik. Kegiatan tersebut berlangsung di pelataran parkir kantor KSOP Kelas II Gresik pada kamis sore (06/04).

Dalam sambutannya, kepala KSOP Kelas II Gresik, Hotman Siagian, SE., S.SiT., M.M., membacakan amanah dari Dirjen Perhubungan Laut yang menyampaikan pentingnya menjaga keselamatan dan kelancaran angkutan laut dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

“Seperti kita ketahui, setiap tahunnya jumlah penumpang yang akan menggunakan transportasi laut meningkat secara signifikan, terutama di daerah kepulauan yang hanya memiliki sarana transportasi laut sebagai piliha utamanya. Selain itu, angkutan laut juga menjadi solusi untuk menghindari kemacetan di jalur darat pada saat musim mudik.” Ujarnya saat memimpin apel.

Kegiatan posko angkutan laut lebaran tahun 2023 ini dimulai dari tanggal 07 April 2023 s/d 08 Mei 2023. Armada kapal yang digunakan diantaranya adalah KM Express Bahari 8E, KM Express Bahari 6F dan KMP Giliyang yang melintasi rute pelayaran Gresik – Bawean PP. Sebelum pelaksanaan posko angkutan laut lebaran tahun 2023, KSOP Kelas II Gresik telah melakukan ramp chek guna memastikan kondisi kapal laik laut secara keseluruhan dan memenuhi aspek keselamatan pelayaran.

Taruna-taruni dari Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya pun turut hadir dalam pelaksanaan apel pembukaan posko angkutan laut lebaran tahun 2023 di KSOP Kelas II Gresik. Para taruna-taruni tersebut juga akan mengikuti kegiatan menjaga posko yang dimulai dari tanggal 07 April 2023 s/d 08 Mei 2023. Selain taruna-taruni Poltekpel Surabaya, turut hadir juga dalam undangan posko yang terdiri dari Kepala Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Tanjung Perak Surabaya, Dinas Perhubungan Kabupaten Gresik, Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik, Kantor Bea dan Cukai Gresik, Polsek Kawasan Pelabuhan Gresik, pol air Polres Gresik, BPTD XI Jatim, Kamladu TNI AL Gresik, Kantor Karantina Pertanian Gresik, Puskesmas alun-alun Gresik, BPTD Kabupaten Gresik, Pelindo III Gresik, Pramuka Saka Bahari Gresik, dan Operator Kapal Penumpang Rute Gresik – Bawean. (asamy)