TARUNA POLTEKPEL SURABAYA IKUTI SELEKSI CADET PT. PERTAMINA

16
Mar 2017
Category : Berita
Author : Administrator Web PoltekPel
Views : 214x

 

Sebanyak 60 taruna/i program DP-III Pembentukan (30 taruna jurusan Nautika dan 30 taruna jurusan Teknika), Semester III Politeknik Pelayaran (POLTEKPEL) Surabaya mengikuti seleksi cadet perusahaan BUMN perminyakan nasional PT. Pertamina, di Ruang Kelas POLTEKPEL Surabaya, pada Kamis sampai dengan Jum’at, 16 – 17 Februari 2017.

IMG_3982

Seleksi cadet ini dilakukan dalam rangka mengembangkan Sumber Daya Manusia pelaut untuk masa depan. Dari seluruh peserta yang mengikuti seleksi, PT. PERTAMINA mengambil sekitar 18 orang kadet, yang terdiri dari 8 orang taruna jurusan Nautika dan 11 orang taruna jurusan Teknika.

IMG_3983

Tahapan seleksi dibagi menjadi 2 (dua). Pada Tahap I, materi yang diujikan meliputi tes tertulis pengetahuan dasar pelayaran, tes intelegensia (IQ) dan psiko test pola sikap. Selain itu para taruna juga melalui seleksi tahap kedua, yang meliputi tes wawancara. Setelah mengikuti seluruh tahapan seleksi, cadet yang lolos seleksi akan mengikuti prala (praktek berlayar) selama 12 bulan.

IMG_3980

Kegiatan seleksi cadet ini diselenggarakan atas kerjasama Sub Bag. Administrasi Ketarunaan dan Alumni POLTEKPEL Surabaya dengan PT. PERTAMINA. Sesuai dengan program pendidikan di POLTEKPEL Surabaya, taruna/i program DP-III Pembentukan menjalani pendidikan di kampus pada waktu semester I, semester II dan semester III. Sedangkan pada semester IV dan V, mereka akan berlayar selama 1 tahun, kemudian kembali lagi ke kampus untuk menyelesaikan proses pendidikan. (ra_red)