TIM GUGUS TUGAS PENANGANAN COVID-19 Tinjau Kesiapan POLTEKPEL Surabaya Sebelum Taruna Masuk

8
Jul 2020
Category : Berita
Author : Administrator Web PoltekPel
Views : 116x

Rabu (8/7/2020) pagi jajaran Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya melakukan pengecekan di Kampus Pelayaran Bumi Gunung Anyar, Politeknik Pelayaran (POLTEKPEL) Surabaya. Hal ini untuk memastikan kesiapan dari POLTEKPEL Surabaya dalam menerapkan protokol kesehatan sebelum taruna masuk asrama.

Pengecekan dilakukan langsung oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya, Henry P. Simatupang dan Estiningtyas Nugraheni, beserta tim dari Dinas Kesehatan Kota Surabaya.  Beberapa lokasi yang menjadi tujuan peninjauan diantaranya di fasilitas wastafel portable, ruangan kelas taruna, asrama taruna, tempat ibadah dan berbagai prosedur ketika taruna masuk asrama.

“Kalau dilihat dari simulasi yang sudah dibuat, (prosedur) sudah cukup baik dan sudah siap tetapi masih ada beberapa catatan yang harus diperbaiki.” kata Henry P. Simatupang kepada redaksi POLTEKPEL Surabaya usai meninjau di berbagai fasilitas protokol kesehatan di kampus POLTEKPEL Surabaya.

Beliau juga menyebutkan agar pelaksanaan apel pagi-siang-malam tidak diperbolehkan selama pandemi masih berlangsung. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir peluang untuk berkerumun. Penanda barisan juga disarankan sebagai penanda alur mobilitas taruna selama di asrama dan ruang kelas. Supaya tidak terjadi pertemuan taruna secara berhadap-hadapan.

Tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 yang meninjau POLTEKPEL Surabaya juga menegaskan agar protokol kesehatan selalu diterapkan dimanapun dan berlaku untuk seluruh sivitas akademik POLTEKPEL Surabaya.  “Meskipun tinjauan kali ini hanya sekitar fasilitas bagi taruna, tetapi ini (protokol kesehatan_red) tidak hanya untuk taruna, juga berlaku bagi seluruh pegawai” tandas Henry ketika diwawancara di sela-sela kunjungan.

Sementara itu, pada kesempatan tersebut juga disajikan video simulasi prosedur taruna ketika taruna masuk asrama. Video tersebut menggambarkan tata cara yang wajib diterapkan taruna semenjak dari rumah ketika akan berangkat ke kampus, bus POLTEKPEL Surabaya yang siap menjemput taruna di terminal-bandara kedatangan, prosedur masuk ke kampus, pengecekan barang bawaan oleh petugas asrama, hingga pembagian asrama yang menerapkan protokol kesehatan. Diharapkan melalui penerapan protokol kesehatan tersebut, segenap sivitas akademik POLTEKPEL Surabaya selalu sehat dan terhindar dari pandemi yang melanda.