Tingkatkan Motivasi Kerja Melalui Ice Breaking Games

11
Dec 2018
Category : Berita
Author : Administrator Web PoltekPel
Views : 77x

 

Sebuah perusahaan yang baik harus melakukan berbagai cara untuk pengembangan karyawan sehingga akan meningkatkan kinerja karyawannya. Selain akan menguntungkan perusahaan, juga akan menguntungkan para karyawan. Selain tingkat kinerja yang meningkat, juga mampu meningkatkan loyalitas karyawan kepada perusahaan. Sementara bagi karyawan sendiri, pengembangan diri yang mereka jalani akan mampu meningkatkan percaya diri, semangat serta totalitas mereka dalam bekerja.

 

Tahap awal dalam meningkatkan kinerja karyawan adalah dengan meningkatkan motivasi kerja mereka terlebih dahulu. Salah satunya melalui kegiatan ice breaking games. Tekniknya adalah dengan berkumpul pada sebuah ruangan atau lapangan biasa kemudian sampaikan bahwa ice breaking adalah proses refresh pikiran dengan melakukan kegiatan-kegiatan unik dan asyik. Tentunya kegiatan ini harus dapat membawa para karyawan untuk merasa nyaman dan aktif. Jika dirasa terlalu berat, dapat mendatangkan trainer yang sudah ahli dalam membawa suasana menyenangkan.

Minggu (9/12/2018), sesaat sebelum pelaksanaan rapat evaluasi bagi seluruh pejabat struktural dan fungsional Poltekpel Surabaya, dilaksanakan kegiatan ice breaking di salah satu taman di Klub Bunga Resort Hotel Kota Batu. Kegiatan ini selain untuk merefresh pikiran, juga untuk mengembalikan fokus dan konsentrasi selepas perjalanan dari Surabaya ke Kota Batu.

Kegiatan ini diikuti oleh rombongan karyawan yang telah tiba di lokasi lebih awal. Sekitar 30 peserta mengikuti kegiatan ice breaking ini. Diantaranya Kepala Bagian Keuangan dan Umum, Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan, Kepala Sub Bagian Keuangan, Kepala Sub Bagian Umum, Kepala Sub Bagian Administrasi Akademik, para Ketua Jurusan, para Kepala Unit dan pegawai di Poltekpel Surabaya.

Kegiatan ini diawali dengan games “Simon Says” dan “Walk & Stop” yang menuntut fokus dan konsentrasi peserta dengan cara yg menyenangkan melalui perintah. Setelah itu game “ Balon train” yang menuntut kerjasama tim, dan diakhiri dengan game “The Longest Line” yang membutuhkan kreativitas, kolektivitas, dan kerjasama antar anggota tim. Para peserta mengikuti kegiatan dengan penuh semangat. Di akhir acara dibagikan hadiah bagi juara masing-masing game dan bagi peserta putra-putri teratraktif.