KULIAH UMUM KETUA BIDANG ORGANISASI DAN KEANGGOTAAN DPP INSA

17
Feb 2023
Category : Berita 2023
Author : Admin Poltekpel
Views : 70x

Surabaya – Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya menggelar kuliah umum yang diikuti oleh ratusan taruna dari semester I, III dan VII serta para kepala prodi. Kuliah umum digelar di Gedung Arctic Auditorium Poltekpel Surabaya, Kamis (16/02). Pembicara utama dalam kuliah umum kali ini adalah Capt. Zaenal Arifin Hasibuan. Belia merupakan Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan DPP INSA (Indonesian National Shipowners Association).

INSA merupakan organisasi pengusaha perusahaan pelayaran angkutan niaga yang telah didirikan pada tanggal 09 Agustus 1967 dan telah diakui oleh pemerintah sebagai satu-satunya organisasi perusahaan pelayaran niaga berdasarkan Surat Keputusan Menteri Maritim No. DP.10/7/9 tanggal 06 September 1967. INSA memiliki visi sebagai infrastruktur pembangun perekonomian, alat pemersatu kesatuan dan persatuan bangsa dan negara. Sedangkan misi INSA adalah turut memberdayakan pelayaaran niaga nasional, mempersatukan, melindungi, memperjuangkan kepentingan anggota organisasi dan mengarahkan kemampuan usaha mencapai tujuan Bersama, menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Kegiatan kuliah umum ini diawali oleh bapak Slamet Riyadi, M. Si., M. Mar selaku Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan di Poltekpel Surabaya. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan kepada seluruh taruna dan taruni untuk bisa memanfaatkan kuliah umum ini dengan sebaik mungkin agar nantinya bisa menjadi bekal yang berguna pada saat masih menjadi taruna maupun nanti telah lulus dari Poltekpel Surabaya. “Kita harus belajar dari pengalaman seseorang yang berhasil, setidaknya kita bisa mengikuti atau meniru hal-hal positif dari orang tersebut.” Kata bapak Slamet Riyadi. Beliau berharap agar seluruh taruna memperhatikan dengan seksama dan berani mengungkapkan pendapatnya tentang hal-hal yang belum mereka ketahui. “Ini merupakan forum ilmiah, jadi saya berharap agar kalian semua harus berani mengungkapkan pendapat yang sekiranya belum diketahui.” Ujarnya.

Tema yang diusung oleh Capt. Zaenal Arifin Hasibuan adalah “Mengubah Kekerasan Menjadi Energi Positif.” Sulit bukan berarti tidak mungkin, kalian harus bekerja lebih keras untuk mencapainya. Kuliah umum ini membahas mengenai kunci-kunci sukses yang perlu dimiliki. 4 Kunci sukses menurut Capt. Zaenal adalah Hard Work, Honest, Knowledge, and Network. Hard work atau kerja keras, semua orang bisa bekerja keras, tetapi dalam bekerja kalian harus berusaha menjadi the hardest working person, jadilah yang paling baik diantara rekan kerjamu. Honest atau jujur, ini adalah dasar-dasar kepribadian seseorang, harga kejujuran itu ada. Knowledge atau pengetahuan, teruslah belajar untuk menambah wawasan pengetahuan kalian agar tidak ketinggalan ilmu dan kemajuan zaman. Network atau jaringan, kalian harus bisa memperluas jaringan pertemanan kalian, di dalam dunia kerja kalian harus bisa membangun hubungan dengan rekan kerja atau bahkan hubungan di luar dunia kerja kalian. Selamatkan masa depan anda dengan menjadi keras kepada diri sendiri, bukan orang lain.

Materi kuliah disampaikan dalam suasana yang hangat, santai dan kekeluargaan. Pada akhir pemaparan materi kuliah dilanjutkan dengan diskusi dan interaksi dua arah dengan para taruna. (asamy)