Sharing Knowledge PT. Berlian Laju Tanker

14
Apr 2016
Category : Berita
Author : Admin Poltekpel
Views : 188x

IMG_4442

Senin (21 Maret 2016) selepas istirahat siang, Auditorium POLTEKPEL Surabaya sudah dipadati oleh taruna-taruni POLTEKPEL Surabaya yang akan mengikuti kegiatan sharing knowledge dalam bentuk kuliah umum yang dibimbing langsung oleh Safety/Nautical Superintendant serta Crewing Development Manager PT. Berlian Laju Tanker, Capt. Bambang Purnomo, M.Mar dan Bapak Riza Padian. Mereka sangat bersemangat untuk mengikuti kuliah umum hari itu yang mengangkat tema “Working On Board Ship” dan “Ship’s Certificate and Inspection”, yang tentunya akan sangat bermanfaat pada saat melaksanakan praktek laut (prala) pada semester berikutnya ataupun ketika mereka sudah bekerja di atas kapal nantinya.

IMG_4409

IMG_4414
Acara ini terselenggara berkat kerjasama Prala POLTEKPEL Surabaya dengan PT. Berlian Laju Tanker sebagai pembekalan kepada para taruna-taruni yang akan melaksanakan prala selama 12 bulan, supaya dapat memberikan wawasan mengenai hal-hal yang harus dipahami dalam melaksanakan prala, khususnya dalam hal keselamatan kerja di atas kapal tanker. Dalam kuliah umum kali ini, sesi pertama dibawakan oleh Bapak Riza Padian yang menjelaskan mengenai persiapan dan apa yang harus dilakukan untuk “Working On Board Ship”. Para taruna diberi wawasan mengenai betapa pentingnya pelaut bagi perusahaan pelayaran ataupun perusahaan angkutan umumdi bidang laut. Hal ini dimaksudkan supaya taruna-taruni yang akan melaksanakan prala bisa mendapatkan gambaran dan dapat mengantisipasi agar pendidikan yang mereka tempuh saat ini tidak hanya digunakan untuk bermain-main atau bermalas-malasan. Beliau juga menjelaskan mengenai pembelajaran dalam dunia pelaut juga dapat dilakukan melalui games atau permainan-permainan yang menyenangkan dan mendidik, supaya lebih mudah untuk dipahami taruna. Sebagi contoh training yang dilaksanakan di PT. Berlian Laju Tanker (BLT) yang menggunakan training by game sebagai persiapan taruna yang akan melaksanakan prala pada PT. BLT.

IMG_4425

IMG_4431
Sedangkan nuntuk sesi kedua dibimbing oleh Capt. Bambang Purnomo, M.Mar yang mengangkat tema “Ship’s Certificate and Inspection”. Pada sesi ini, taruna diajak bermain sambil belajar dengan membentuk kelompok yang mewakili masing-masing jurusan. Kelompok-kelompok juga berkompetisi supaya dapat menjadi yang terbaik karena akan memperebutkan cinderamata dan hadiah yang sudah disiapkan oleh PT. BLT.
Kuliah umum sehari ini terbukti cukup efektif dalam menarik antusiasme para taruna-taruni sekaligus menambah wawasan mereka dalam menghadapi lingkungan kerja di atas kapal. Sebab selain sesi sharing knowledge, pada acara tersebut juga diadakan sesi games and interactive dalam bentuk kelompok-kelompok taruna yang mengimplementasikan kemampuan taruna sesuai tema dalam kuliah umum kali ini dan dikemas secara menarik dengan pemberian bingkisan bagi kelompok yang dinyatakan menang. Semoga ilmu yang mereka dapatkan pada kuliah umum ini dapat berguna ketika mereka melaksanakan prala maupun ketika di dunia pekerjaan nanti. (ra_red)